oleh

Sejumlah Masjid di Karanganyar : “Tempat Ibadah, Bukan Tempat untuk Berpolitik”

 

Detiknews.id – Sejumlah masjid di Karanganyar ramai-ramai dipasangi spanduk penolakan terhadap kegiatan politik. Ini guna mewaspadai penyalahgunaan tempat ibadah untuk berkampanye.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, spanduk berukuran sekitar 1 meter x 3 meter yang dipasang bertuliskan “Tempat Ibadah, Bukan Tempat untuk Berpolitik” dan “Masjid Bukan untuk Tempat Berpolitik.” Takmir masjid sengaja memasang spanduk tersebut untuk mengingatkan orang-orang yang berniat menyalahgunakan tempat ibadah.

”Kita ingin masyarakat ketika datang ke masjid itu beribadah dengan khusuk dan tidak ada kepentingan politik di dalam peribadatannya,” terang salah satu takmir masjid di wilayah Bejen Tulus Rabu (27/2).

Sementara itu, Kordiv Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Karanganyar Ikhsan Nur Isfiyanto menuturkan, pihaknya belum menerima laporan atas pemasangan spanduk tersebut. Namun yang pasti, kata dia, sesuai ketentuan UU Nomor 7 Tahun 2017, tempat – tempat ibadah memang dilarang untuk dijadikan tempat kegiatan politik.

”Kita akan cek itu. Dan memang benar, kalau tempat ibadah itu tidak boleh. Bahkan dilarang sebagai tempat untuk kampanye atau berpolitik. Tak hanya tempat ibadah, sekolah-pun juga tidak boleh dan itu juga diatur dalam Perbup,” terang Ikhsan.

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait