Sambangi Batalyon Infanteri 410/Alugoro, Kabaharkam: Yang Beda Cuma Seragam, Kita Sejiwa Sepenanggungan

Detiknews.id, – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyambangi Blora, Jawa Tengah dalam rangka kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan ekonomi kerakyatan dan program prioritas Kapolri dalam rangka mendukung sinergitas TNI – Polri

Kabaharkam datang menggunakan helikopter milik Polda Jateng dan mendarat di Batalyon Infanteri 410/Alugoro, Komjen Agus langsung disambut jajaran TNI-Polri. Dirinya langsung menyalami para anggota dan prajurit TNI-Polri di lokasi.

“Saya sangat senang dan sangat senang bisa datang ke sini karena saya lahir dan besar di sini. Saya dibesarkan pula dari keluarga TNI. Keluarga saya banyak yang TNI dan istri saya juga dari anak prajurit TNI berpangkat Letkol. Kita di sini untuk menjalin erat sinergitas,” ucap Komjen Pol Agus Andrianto, Jumat (14/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Agus tak lupa bersilaturahmi dengan prajurti TNI di Mako Batalyon Infanteri 410/Alugoro. Agus mengatakan TNI – Polri memiliki tugas yang sama yakni menjaga NKRI, yang membedakan hanya soal seragam saja.

Baca Juga
Sinergitas TNI-Polri Bersama Pemerintah Hijaukan Distrik Citak Mitak Papua

“Kita sebenarnya tidak ada perbedaan. Hanya saja, seragam yang membedakan. Tapi jika kita buka seragam, kita satu jiwa satu penanggungan,” ucap Agus.

Agus kemudian mengenang masa mudanya di Blora, Jawa Tengah. Agus menganggap Blora punya kenangan yang maniskarena titik awal meniti karirnya dimulai di kota ini.

“Saya juga dulu biasa main di sini. Dulu pada saat SMA mendapatkan pelatihan Paskibraka, sehingga kita juga punya kesempatan meniti karier,” ujarnya.

Kunjungan Agus ini merupakan rangkaian bakti sosial dan bakti kesehatan yang digelar Polri untuk mewujudkan Polri peduli terhadap masyarakat dengan memeberikan pelayanan.

Adapun rangkaian kegiatan ini sudah dimulai sejak Kamis (13/2/2020), dimana Pusdokkes Polri menggelar operasi bibir sumbing dan katarak di Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin, Semarang.

Baca Juga
Panglima TNI : Sinergitas TNI-Polri Ciptakan Stabilitas Keamanan Nasional

Selanjutnya, Agus dan romobongan akan membagikan 3000 paket sembako untuk masyarakat di Blora di Stadion Kridosono., Sabtu (15/2/2020).

“Kami mengemban tugas dari pak Kapolri dalam rangka kegiatan bakti sosial, kesehatan, di provinsi Jawa Tengah, kebetulan ini merupakan program dari Polri, jadi kami melaksanakan tugas pak kapolri untuk memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan yang membutuhkan bantuan pengobatan dan kesehatan,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Danyonif 410/Alugoro, Letkol Inf Loka Jaya Sembada mengatakan kunjungan Agus merupakan bentuk soliditas antara TNI dan Korps Bhayangkara.

“Ini salah satu wujud nyata demi persatuan, kesatuan dan kemajuan bangsa, khususnya di wilayah Kabupaten Blora ini,” kata Agus.

Baca Juga
Panglima TNI : Sinergitas TNI-Polri dan Komponen Bangsa Modal Dasar Menjaga NKRI

Sementara itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho mengapresiasi kehadiran Polri untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan. Menurutnya, kehadiran Polri bukti pemerintah hadir untuk mensejahterakan rakyat.

“Hari ini kita forkopimda juga masyarakat kabupaten Blora betapa bangganya hari ini putra terbaik bangsa kepolisian dan Blora datang kembali ke tanah kelahirannya dengan melaksanakan bakti sosial kesehatan kepada masyarakat. Ini bukti kehadiran pemerintah kepada masyarakat luar biasa. Oleh karena itu saya mewakili forkopimda, pemerintah dan masyarakat kabupaten blora mengucapkan terima kasih banyak sebesar-besarnya kepada kepala badan pemberdayaan keamanan kepolisian republik indonesia yaitu Komjen pol Agus Andrianto di kabupaten Blora,” ungkapnya.

Hadir mendampingi Kabaharkam Polri diantaranya Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Lotharia Latif, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Herry Wibowo, Dirbinpotmas Baharkam Polri Brigjen Tajuddin dan Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Syahardiantono.
(Daniel)

Komentar

Berita Terkait