Rayakan Hari Ibu, JAPRI Adakan Lomba Masak Makanan Sehat Bergizi Dengan Uang 50 Ribu

Detiknews.id – Jaman Perempuan Indonesia ( JAPRI ), yang bergerak di bidang perempuan dan sosial, merupakan organ Relawan Jokowi, untuk Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 #01 Jokowi – KH Ma’ruf Amin, dan JAPRI dalam rangka menjalankan kiprahnya sebagai organ yang bergerak di bidang perempuan dan sosial, pada hari Sabtu, 22 Desember 2018, bertepatan dengan Hari Ibu Nasional, telah ikut berpartisipasi, langsung memeriahkan acara perayaan Hari Ibu Nasional yang jatuh di setiap tanggal 22 Desember.

Dengan merayakan, perayaanya hari Ibu yang juga banyak dirayakan oleh seluruh rakyat indonesia, dari semua kalangan, maka dari itu JAPRI pun tentunya sebagai organ pergerakan perempuan Indonesia, menjadikan momen ini sebagai moment berharga sekali, dan sangat penting juga kita sebagai perempuan Indonesia, harus berpartisipasi untuk ikut memeriahkannya.

Salah satunya kegiatan yang menyambut Hari Ibu Nasional, seperti halnya yang sudah di lakukan oleh Jaman Perempuan Indonesia (JAPRI ) di bawah pimpinan Purnama Sitompul sebagai Ketua Umum.

JAPRI menyelenggarakan acara kegiatan Lomba Memasak Sehat bergizi, sebagai bentuk kepeduliannya dalam rangka Hari Ibu Nasional. Lomba memasak sehat yang diselenggarakan ini, mengangkat tema, Dengan Uang RP 50.000, Masih Bisa Dipergunakan Untuk Masakan Makanan Tiga Macam Menu Makanan Sehat & Bergizi.

Selain kegiatan lomba memasak sehat, di hari Ibu 2018 ini, acara ini juga diisi dengan kegiatan Tausiah, yang disampaikan oleh Ustad Amin Sumawijaya, dan Juga penyampaian penyuluhan (Anti Narkoba) untuk keluarga, juga sekaligus menyampaikan tentang hasil kinerja Pemerintahan Jokowi, yang disampaikan langsung oleh Ibu Poppy Haryono Isman, (Istri) Mantan Menteri Olahraga RI, Haryono Isman. Acara ini berlangsung, Saptu pagi, pukul 08.30 Wib, di Area parkir Keeffo Coffee, Jalan Jagakarsa Raya No 50.C, Jakarta Selatan (22/12/2018)

“acara kegiatan lomba memasak sehat ini, diikuti oleh 20 anggota tim dari masing-masing peserta, masing-masing tim berjumlah personil 3 orang. Para tim lomba ditekankan oleh panitia acara agar harus bisa mengunakan uang senilai RP.50.000, untuk keperluan belanja bahan masakan makanan yang dilombakan. Uang tersebut harus cukup untuk dibelanjakan menu masakan untuk memasak 3 macam menu makanan sehat dan bergizi dan para peserta lomba masak sehat bergizi ini, harus menyelesaikan masakan dengan batas tempo waktu yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu 45 menit lamanya.” Papar Eliza Prabawa, Ketua Panitia acara lomba memasak sehat bergizi “JAPRI” ketika di konfirmasi saat berlangsungnya acara.

Eliza Prabawa menambahkan, terkait lomba masak ini kami selaku panitia sudah menyiapkan beberapa orang sebagai tim Juri untuk penilaian, di antaranya terdiri dari para pengurus dan pembina JAPRI, dan juga satu orang Chef juru masak. Penilaian dewan Juri mencakup, Cita rasa masakan, Kerjasama Team, Kebersihan, Penataan SajianVariasi dan Kreatifitas Lauk Pauk “ jelasnya.

“dari kegiatan lomba ini, ada lima kelompok pemenang yakni Kelompok VIII juara 5, Kelompok XIII juara 4, Kelompok II juara 3, Kelompok III juara 2 dan sebagai pemenang pertama diraih oleh kelompok I dengan nilai 2005 dari Majelis Ta’lim Ar Rahman Condet,” tambahnya.

Ketua Umum Jaman Perempuan Indonesia (JAPRI), Purnama Sitompul menegaskan, dengan kegiatan ini, ada yang bisa kita simpulkan dan juga bisa kita ambil sebagai pembuktian bahwa, harga-harga pasar untuk belanja kebutuhan sehari-hari itu, masih bisa dibilang normal dan cukup terjangkau, sebagai pembuktian dengan uang RP.50.000, peserta lomba masak sehat ini, ternyata masih bisa untuk membeli belanjaan makanan, dan bisa mencukupi untuk 3 macam menu makanan yang sehat dan bergizi, jadi pembuktianya itu benar, kalau Harga Pasar, untuk belanja makanan kebutuhan sehari-hari itu masih cukup normal, murah, dan cukup stabil.” Terang Purnama Sitompul.

“Kami bergerak untuk Perempuan dan Sosial dan kami menegaskan bahwa JAPRI sangat mendukung Pemeritahan Jokowidodo, dan kami mendukung Kemenangan Jokowi – KH Ma’ruf Amin untuk menang di Pipres 2019 mendatang. Harapan kami Presiden Jokowi bisa terpilih kembali menjadi Presiden RI untuk Periode 2019 – 2024, bersama KH-Maruf Amin, dan kami juga berharap Pemilu 2019 bisa berjalan tertip, aman, damai, sucses, dan lancar.” jelas Ketua Umum JAPRI itu.

Foto : JAPRI Jaman Perempuan Indonesia, Lomba Masak Sehat – detiknewsid/ist

Purnama menambahkan, untuk warga masyarakat, rakyat Indonesia pada umumnya, khususnya kaum Perempuan para Ibu, kami menghimbau agar tidak mempercayai Isu Hoax yang tidak benar, yang belakangan beredar di media sosial dan sebagainya. Kita sebagai kaum Perempuan Indonesia harus cerdas, dan jangan mudah untuk mempercai, apa yang belum jelas, yang belum tentu benar, dan apalagi itu tidak benar. Dengan momet Hari ibu ini, agar kita ambil maknanya kalau perempuan Indonesia harus bisa lebih maju, dan lebih Cerdas lagi.” Tegas Purnama.

“Kegiatan- kegitan yang JAPRI sudah pernah lakukan, mencakup berbagai bentuk pergerakan, yaitu seperti, Ngobrol Cerdas seminar mengenai Bhineka Tunggal Ika yang digelar pada 14/05/2018, bakti sosial saat banjir di Pejaten Timur dan Kampung Melayu dan juga kebakaran di Jakarta Utara, dan untuk kegiatan selama bulan Ramadhan yang  kami lakukan membagikan takjil ke masyarakat di terminal bis daerah Pasar Minggu dan Lebak Bulus. Mengadakan Deklarasi mendukung Joko Widodo 2 periode pada tanggal 03 Agustus 2018, dan menggelar Gerakan Ibu Jari Ibu, yaitu menggunakan ibu jari untuk mengirim, posting, share berita-berita positif terutama mengenai kemajuan dan pembangunan yang terjadi di Indonesia terkini.” Jelasnya Purnama.

Foto : Lomba Memasak Yang diadakan oleh JAPRI – detiknewsid/ist

Purnama menambahkan, acara penggalangan dana untuk Lombok, yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2018 lalu, kemudian pada tanggal 20 Oktober 2018 dari hasil perolehan penggalangan dana untuk Lombok dan JAPRI juga telah menyumbang untuk pembangunan sekolah SDN 01 di desa Tienega Lombok Utara, juga mengunjungi masyarakat yang akan menerima Huntara di desa Taro.

“dan juga pada tanggal 14 Nopember 2018, kami telah mengadakan acara seminar Masyarakat Cerdas, menghindari Hoax dan Fitnah, yang pesertanya adalah dari masyarakat akar rumput/grass roots dan di ikuti sebanyak 250-300 orang peserta.” pungkas Purnama Sitompul.

Kontributor : GUNTUR

Komentar

Berita Terkait