Petani Semakin Mudah Mengangkut Hasil Panen Berkat TMMD

Kalimantan Tengah, Sampit, DetikNews.id – Masyarakat Desa Babirah Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah berterima kasih desa mereka menjadi lokasi pelaksanaan TMMD Reguler ke-109.

Masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, sangat senang karena diperbaikinya jembatan-jembatan yang rusak, membuat aktivitas masyarakat menjadi semakin lancar.

Kepala Desa Babirah Julham Effendi mengatakan, dia yakin setelah jembatan selesai diperbaiki dan difungsikan, aktivitas perekonomian masyarakat akan semakin lancar.

“Selama ini kan jalan yang ada ya itu. Kalau jembatan rusak seperti selama ini, warga juga tidak berani membawa barang berat atau besar karena takut saat melintasi jembatan. Kalau jembatan sudah selesai diperbaiki maka aktivitas menjadi lancar,” kata Julham.

Baca Juga
Berbagi Kebahagian, Prajurit Satgas Yonif 413 Bremoro Bagikan Hasil Panen Sawi

Julham menjelaskan, infrastruktur di desanya masih terbatas. Jalan darat yang terbatas itu semakin rumit karena sebagian jembatan disejumlah desa bertetangga dalam kondisi rusak sehingga warga harus berhati-hati saat melintas.

Sebagian warga mengandalkan jalur sungai, termasuk untuk aktivitas pertanian. Untuk itulah, perbaikan jembatan yang dilaksanakan dalam TMMD Reguler ke-109 sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sangat bermanfaat sekali karena jembatan ini juga digunakan anak-anak sekolah, untuk bekerja bekerja seperti PNS atau guru yang mendatangi sekolah. Tidak hanya bagi warga desa sini, tetapi warga desa lainnya karena jalan ini penghubung desa,” ujar Julham.

TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Babirah mulai 22 September hingga 21 Oktober. Sebanyak 150 personel dilibatkan terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat yang bekerja secara gotong-royong.

Baca Juga
Berbagi Kebahagian, Prajurit Satgas Yonif 413 Bremoro Bagikan Hasil Panen Sawi

Setidaknya ada lima sasaran fisik yang ditetapkan dicapai yaitu perbaikan jembatan Handil Gayam berukuran panjang 15,30 meter dan lebar 3,80 meter yang berlokasi RT 11/ RW 4 Desa Bapinang Hilir.

Sasaran jembatan Handil Samsu berukuran panjang 42 meter dan lebar 3,80 meter berlokasi di RT 12/ RW 4 Desa Bapinang Hilir.         Sasaran jembatan Sie Babirah berukuran panjang 42 meter dan lebar 3,80 meter RT 07/ RW 03 Desa Babirah.

Sasaran fisik lainnya yaitu perbaikan Mushalla Al Hidayah berukuran panjang 6,50 meter dan lebar 6,50 meter di Desa Bapinang Hulu dan pembangunan pos terpadu. (4n5)

Komentar

Berita Terkait