oleh

Penanaman Bawang Merah Dampak COVID-19 Di Kabupaten Humbang Hasundutan

Doloksanggul, DetikNews.ID – Mengantisipasi dampak ekonomi akibat pandemi covid-19 yang diprediksi berkepanjangan. Pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan menyiapkan bibit bawang merah sebanyak 176 ton untuk ditanam pada hamparan seluas 334 ha dengan ketentuan penyaluran bantuan bibit bawang merah kepada masyarakat petani harus melalui kelompok tani di Kabupaten Humbang Hasundutan. Adapun alokasi dana yang dipersiapkan pembelian bibit bawang merah ini bersumber dari refocussing dan realokasi APBD TA 2020 yang diperuntukkan menangani dampak covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan anggaran 1.9 Milliar.

Yang menjadi sasaran penanganan dampak covid-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan dibagi 3 sektor yaitu, penanganan dampak kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengamanan sosial. Maka pengadaan bibit bawang merah yang dibagi-bagi ke masyarakat petani (kelompok tani) merupakan bagian dari sektor penanganan dampak ekonomi terhadap masyarakat yang terimbas wabah virus corona.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Humbang Hasundutan Yonefta Habeahan selaku penjabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) ketika diwawancara awak media baru baru ini mengatakan, diawal pemerintah merencanakan penanaman bibit bawang merah untuk 170 ha di 9 kecamatan dengan estimasi 1 ton bibit untuk lahan seluas 1 ha”. Dengan kata lain dibutuhkan 170 ton bibit untuk mengeksekusi lahan seluas 170 ha, melalui system pemesanan bertahap.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Disampaikannya, bahwa pemerintah telah memplot anggaran sebanyak Rp.5 M untuk mendukung kebijakan penanaman bibit bawang merah ini, sebagai bentuk penanganan dampak ekonomi akibat bencana non alam” ujarnya lagi.

Yonefta Habeahan juga menjelaskan bahwa terjadi perubahan yang tadinya 1 ton per ha berubah menjadi 500kg per ha. Sehingga diperoleh akumulasi baru yaitu 176 ton bibit bawang merah untuk dialokasikan kepada 334 ha lahan siap tanam.

Menurutnya penanaman bibit bawang merah ini dibagi menjadi dua varietas yaitu, varietas bibit bawang batu hijau asal Tegal ditempatkan di 6 kecamatan dataran tinggi, yakni Doloksanggul, Lintong Nihuta, Pollung, Sijama Polang, Paranginan dan Onan Ganjang. Sedangkan varietas bibit bawang merah bima asal Brebes ditanam di 3 kecamatan dataran rendah, Baktiraja, Parlilitan, dan Pakkat.

Ditambahkannya, bahwa situasi terkini jumlah bibit bawang merah yang sudah masuk ke kabupaten ini sebanyak 50.5 ton dengan lahan yang sudah terealisasi seluas 110 ha dari 110 kelompok tani.

Beliau juga berharap agar masyarakat petani mau dan ikut andil dalam kelompok tani untuk dapat dilayani pemerintah penyaluran bibit bawang merah ini. (Eben Ezer Manalu)

Komentar

Berita Terkait