oleh

Luar Biasa, Ngonthel Bareng Masyarakat Kata Kapolda Jatim

Detiknews.id Surabaya – Ngonthel Bareng yang diikuti Tiga Pilar dan ribuan massa dari seluruh Jawa Timur, merupakan agenda Kepolisian Daerah Jawa Timur  untuk saling bersinergi #JogoJawaTimur, menjaga stabilitas kemananan dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat menuju SDM Unggul Indonesia Maju.

Foto : Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, memotong tumpeng ditengah ribuan masyarakat Jawa Timur – detiknewsid/m9

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Lantas ke 64 dan HUT TNI. Tiga Pilar Jawa Timur yang terdiri dari Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), TNI dan Forkopimda Jawa Timur, menggelar Ngonthel Bareng Merah Putih dan Ngonthel Bareng Berbaju Adat. Dengan start dari Sentra UMKM Bangkalan Madura, dan finish di lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya.

” Pembukaan tadi pagi dilakukan oleh ibu Khofifah Gubernur Jawa Timur, juga naik sepeda langsung finish di lapangan Kodam V Brawijaya untuk kegiatan ngonthel bareng, berbeda dengan kegiatan lainnya karena pada hari minggu ini kita bisa melihat keaneka ragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, melalui pakaian adat yang dikenakan semua Polres Jajaran,” jelasnya. Minggu (22/09/2019)

Foto : Tiga Pilar, Gowes Ngonthel Bareng bersama ribuan masyarakat Jawa Timur – detiknewsid/m9

Lanjut Kapolda, dengan mereka menggunakan pakaian adat berarti menunjukkan aneka ragam budaya kita. Kebersamaan naik sepeda bersama TNI, Polri dan masyarakat, hingga finish di lapangan Kodam V Brawijaya.

” Kita patut jaga wilayah Jawa Timur dan kami ingin menunjukkan kepada Wilayah lain, bahwa dari Jawa Timur kita menunjukkan dengan keanekaragaman budaya yang ada. Kita bisa bersatu untuk Indonesia dan kita bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya dan nantinya kami akan terus bersama-sama dengan TNI untuk menjaga Jawa Timur,” ungkapnya.

Kapolda menambahkan, kebersamaan dengan berkumpulnya seluruh jajaran Polres. Melalui olahraga bersama, jalan santai dan kumpul semuanya sini. Bersepeda melintasi Jembatan Suramadu adalah pengalaman yang sungguh luar biasa, kita merasakan betul-betul menikmati sebagai iconnya Jawa Timur bisa melintasinya dengan naik sepeda sungguh luar biasa bisa menghilangkan capek, ” pungkas Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan M.Si.

Foto : Kapolda Jatim didampingi Gubernur Jatim dan Kasdam V Brawijaya – detiknewsid/m9

Total Peserta 20.000 orang, jumlah Gowes sejumlah 6000 orang terdiri dari Gowes non baju adat 4200 orang, yaitu komunitas sepeda tiap polres 1700 orang, Kosti 1000 orang, TNI/ Polri/ Instansi 700 orang dan masyarakat umum dan komunitas sepeda Surabaya 800 orang. Untuk peserta baju adat 34 Provinsi 1800 orang. Dan 14.000 orang peserta senam.

Selain 3 Pilar yaitu Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa dan Pangdam V Brawijaya tidak hadir diwakili Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan. Selain itu, hadir juga Dishub Provinsi Jawa Timur, Dinas Pu Provinsi Jawa Timur, PT. Jasa Raharja Provinsi Jawa Timur dan Dinkes Provinsi Jawa Timur. (M9)

Komentar

Berita Terkait