oleh

Kunjungi NTB, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Dianugerahi Gelar Agung Yudenegara Susuk Sasak

Detiknews.id,-Kunjungan kerja Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa dan Rombongan disambut Gubernur NTB, Dr. Zulkiflimansah, didampingi Bupati Lombok Tengah H. Moh. Suhaili, Wakil Bupati Lombok Tengah H. Pathul Bahri, Korem Wibhakti 162, dan Kapolres Lombok Tengah.

Acara penyambutan digelar dengan pemasangan pakaian adat busana sasak dan penganugerahan gelar Pemban Agung Yudenegara yang artinya pimpinan tertinggi pembela kedaulatan negara dan penyerahan Kris Dite Yude Ayu Nenjaga yang diserahkan oleh perwakilan suku sasak H. L. Putria kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa sebagai wujud syukur, penghormatan dan terimakasih seluruh masyarakat suku sasak.

Penyerahan Kris Dite Gude Nenjaga merupakan kris pusaka kerajaan dari bumi Sasak Lombok yang pada zaman dahulu hanya dimiliki oleh pimpinan tertinggi pembela kedaulatan negara.

Jendral TNI Andika Perkasa mengatakan sebagai bentuk penghormatan masyarakat suku sasak, dirinya merasa bangga menjadi bagian dari suku sasak

“saya atas pengangkatan sebagai warga pengemban agung Yudenegara dan sebagai bagian dari suku sasak, saya dan istri saya bangga menjadi warga sasak,” ungkap Jendral TNI Andika Perkasa di Lombok Internasional Lombok, Selasa (6/8/19).

“Dan saya pasti akan simpan semua baju kebesaran dan pusaka yang menjadi kehormatan bagi kami, ini pasti akan tersimpan dirumah kami sekarang dan selamanya,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terkait