oleh

Korem 181/PVT Kibarkan 2045 Bendera Merah Putih dan Tanam 2045 Pohon di Gunung Kali Ampat

Print This News Print This News

SORONG, Detiknews.id – Pengibaran Bendera Merah putih ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020. Kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak ini bukan semata-mata kegiatan seremonial akan tetapi merupakan salah satu bentuk penghormatan kita sebagai warga negara kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan untuk Indonesia ini.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Hal ini diungkapkan Danrem 181/Praja Vira Tama, Brigjen TNI Yulius Selvanus dalam sambutannya saat membuka acara Pengibaran 2045 Bendera Merah Putih dan Penanaman 2045 Pohon Penghijauan, Senin (31/8/2020) di Gunung Kali Ampat yang berada di sekitar Makorem 181/PVT, Sorong, Papua Barat.

Selanjutnya Danrem 181/PVT menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon serentak adalah hal penting yang harus dilaksanakan secara nyata dalam menangani krisis lingkungan.

“Berkurangnya habitat tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya, yang disebabkan oleh pesatnya pembangunan dan kebutuhan manusia akan tempat tinggal,” ujar Brigjen Yulius.

“Mari kita bersama-sama mengurangi dampak kerusakan lingkungan, dengan melakukan kegiatan penghijauan di lahan yang kosong serta melaksanakan kegiatan reboisasi di wilayah kawasan hutan,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Sorong, Julian Kelly Kambu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Danrem 181/PVT dan jajarannya yang sudah memberikan sumbangsih yang luar biasa sehingga kegiatan itu bisa dilaksanakan.

“Jadi orang lingkungan harus memberikan perlindungan lingkungan yang ada di kawasan ini, yang harus dijaga buat anak cucu nantinya. Hal ini terkait dengan kajian pemerintah bahwa kita termasuk dalam skala rawan bencana, sehingga kawasan ini perlu dihijaukan lagi,” ujarJulian Kambu.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong, Suka Harjono, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Danrem 181/PVT yang sudah menjadi pelopor penghijauan sehingga memberikan manfaat yang baik buat negeri ini.

“Ini bisa menjadi contoh dan memberikan masukan ke kabupaten sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan yang sama juga nantinya. Kegiatan ini merupakan suatu upaya yang baik buat kelangsungan hidup dan bisa menjadikan gunung dan hutan hijau kembali, sehingga ekosistem di lingkungan bisa terjaga dengan baik,” kata Suka Harjono.

Kegiatan pengibaran 2045 Bendera Merah Putih dan penanaman 2045 Pohon (Merbau, Akasia, dan Pohon Buah) yang merupakan pohon penghijauan di Gunung Kali Ampat di sekitar Makorem 181/PVT yang bertema ‘Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa’ ini diikuti oleh seluruh personel satuan jajaran Korem 181/PVT, Pasmar III, Koarmada III/Sorong, Lantamal XIV/ Sorong, Yon Zipur 20/PPA, Polres Sorong Kota, serta gabungan mahasiswa, lelajar, dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya K.S Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Danlantamal XIV Brigjen TNI Mar Markos, S.E, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono,.S.Sos .M.Si, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf I Wayan Sandi Susila, Asintel Pasmar III Kolonel Mar Ferdi Erwin Takaendengan, Aspotmar Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Teddy Barata, para Kasi Korem 181/PVT, para Dansat dan Kabalak Aju jajaran Korem 181/PVT, Kabintal Lanud Manuhua Letkol Sus Drs. A. Ritonga, Danyonzipur 13/PPA Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi, Danyon B Pelopor Kompol Jonadab Wattimena, S.Pd., M.Pd, Wakapolres Sorong AKP Emmy Fenetiruma, Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Sorong Julian Kelly Kambu, BPSDM Perhubungan Syahril Sunusi, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 181 PD XVIII/Kasuari Ny. Anik Yulius Selvanus dan wakil ketua Ny. I Wayan Sandi Susila beserta pengurus.

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait