Ketum Dharma Pertiwi: Dibalik Kesuksesan Seorang Suami, Ada Istri Yang Setia Menopang dan Membantunya

Detiknews.id – Seorang istri menjadi kekuatan penting dalam kehidupan suami, bukan hanya sekedar teman hidup, tapi seorang istri memiliki peran besar bagi kesuksesan suami dan buah hatinya. Sejarah telah mencatat, dibalik kesuksesan seorang suami selalu ada istri yang selalu setia menopang dan membantunya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto saat memberikan pembekalan kepada para istri Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Sesko TNI XLVI di Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019).

Menurut Ny. Hadi Tjahjanto, Sesko TNI bertujuan menyiapkan Perwira Menengah senior TNI sebagai Kader Pemimpin TNI di masa yang akan datang. “Istri seorang pemimpin nantinya, dituntut kesiapan untuk mau dan mampu menjadi pendamping suami yang baik,” ucapnya.

Baca Juga
Ketum Dharma Pertiwi Kunjungi Museum Mahatma Gandhi di India

“Dukungan moril dan motivasi senantiasa meningkatkan kinerja dan keberhasilan tugas suami. Tugas istri pimpinan yaitu menciptakan suasana kondusif, menyenangkan dan bermanfaat bagi setiap anggota yang terlibat di dalamnya,” tegasnya.

Lebih lanjut Ketum Dharma Pertiwi mengungkapkan bahwa Allah SWT menempatkan seorang ibu jauh lebih mulia dibanding seorang ayah, bahkan surga pun diletakkan di bawah telapak kaki ibu. Ungkapan itu mengisyaratkan bahwa kesuksesan kehidupan seorang anak, atau keluarga di dunia maupun di akhirat kelak sangat bergantung bagaimana sikapnya pada seorang ibu,” ujarnya.

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menuturkan bahwa seorang istri yang memiliki integritas diri yaitu memilih sikap baik dalam berbagai hal, seperti menjaga kehormatan diri ketika ada atau tidak suami di rumah, menjaga suami dari godaan luar yang menjerumuskan, dan selalu taat pada suami. “Tentunya bukan ketaatan yang buta, namun ketaatan yang berlandaskan nilai-nilai agama dan rasa cinta,” ungkapnya.

Baca Juga
Ketum Dharma Pertiwi Apresiasi Karya Istri Prajurit TNI

Ditambahkan oleh Ketum Dharma Pertiwi bahwa pada level istri seorang komandan di satuan tertentu, tentu perannya dituntut menjadi bagian penting dalam unit organisasi, seperti Persit KCK, Jalasenastri maupun PIA Ardhya Garini. “Oleh sebab itu, kepada para suami atau Perwira Siswa diminta pengertiannya untuk mengijinkan dan memberikan dorongan motivasi kepada istri agar dapat mengendalikan organisasi istri prajurit di satuannya,” tuturnya.

Di sisi lain, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengingatkan bahwa setiap istri agar bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos). Menurutnya perkembangan media sosial yang begitu masif merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan begitu cepat. “Teknologi informasi di era sekarang ini semakin mempermudah seseorang dalam mengakses berbagai informasi yang diperlukan sehingga tak salah kalau dunia menjadi semakin sempit dan tanpa batas,” katanya.

Baca Juga
Ketum Dharma Pertiwi Berikan Pembekalan Kepada 750 Capaja TNI-Polri

Ketum Dharma Pertiwi juga berpesan kepada Bapak-bapak yang akan menjadi komandan satuan dan para istri yang akan menjadi pimpinan organisasi dan yayasan pendidikan, agar memberikan perhatian lebih kepada sekolah-sekolah milik yayasan tersebut. “Tingkatkan kualitas tenaga pengajar dan fasilitas pendidikan di sekolah-sekolah tersebut. Jadikanlah sekolah-sekolah yayasan tersebut menjadi pilihan utama bagi prajurit TNI dan masyarakat sekitar untuk anak-anak mereka,” harapnya.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait