Kapolda Kalsel Beserta Danrem 101/Antasari Kunjungi Kampung Tangguh Banua di Tanah Laut

KALSEL, Detiknews.id – Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta SIK, SH, MH bersama Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah dan Asisten Pemerintahan Setda Prov. Kalsel Ir. H. Sugian Noorbah, melakukan kunjungan kerja di Kampung Tangguh Banua di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari dan di Desa Tirta Jaya Kampung Tangguh Banua Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (25/6/2020).

Setibanya di Kampung Tangguh Banua Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kapolda Kalsel beserta rombongan langsung disambut oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K, M.H., Dandim 1009/Pelaihari Letkol Inf. Adi Yoga Susetyo, SH, MA., Pimpinan Pompes Nurul Hijrah Jorong K.H. Muhammad Mukeri Yunus, Wakil Ketua Pengadilan Pelaihari, Perwakilan Kejaksaan Tanah Laut, Perwakilan DPRD Tanah Laut.

Usai menerima sambutan dan pengalungan kain Sasirangan Kijang Mas oleh Duta Kampung Tangguh Banua, Kapolda beserta rombongan melakukan pemotongan pita yang dilakukan oleh Danrem Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah, kemudian dilanjutkan meninjau Posko Kampung Tangguh Banua di Desa Ambungan, Ruang Isolasi, Masjid Tangguh, Pameran UMKM Desa Ambungan dan Dapur Umum.

Baca Juga
Serius Tangani Karhutla, Kapolda Kalsel Pimpin Langsung Simulasi Penanganan Karhutla

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalsel beserta rombongan menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung diri (APD) dan Alat Kesehatan, yang diserah Kapolda kalsel kepada Kepala Desa Ambungan Kasirin, Bibit ikan sebanyak 10.000 ekor diserahkan Danrem kepada Sekdes Desa Ambungan Ibu Nita Wahyuni dan ketua relawan Kampung Tangguh Banua Bapak Sugeng Hadi diserahkan oleh Asisten Pemerintahan Setda Prov. Kalsel serta 100 paket sembako yang diterima secara simbolis oleh tiga warga Desa Kampung Tangguh Banua Desa Ambungan yang diserahkan oleh Bupati, Kapolres dan Dandim.

Setelah dari Kampung Tangguh Banua Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari, Kapolda kalsel beserta rombongan melanjutkan peninjauan di Kampung Tangguh Banua Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin yang disambut dengan tarian Banjar Klasik yang dilakukan oleh gadis remaja di desa tersebut.

Setelah melaksanakan pemotongan pita oleh Kapolda kalsel, selanjutnya melaksanakan peninjauan Kampung Tangguh Banua Desa Tirta Jaya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan dilakuan pengecekan suhu tubuh oleh Tim Relawan dan dilanjutkan dengan mencuci tangan dengan sabun yang sudah di sediakan.

Baca Juga
Tokoh Agama Silaturahmi Dengan Kapolda Kalsel : Wujudkan Sinergitas Kemitraan

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalsel dan Rombongan Juga menyaksikan secara Langsung Peragaan Simulasi Pemulasaraan Jenazah Covid 19 Yang Di Peragakan Oleh Para Relawan KTB Desa Tirya Jaya Yang Telah di Latih Oleh Dinkes Kab Tala Bersinergi dengan Polres Tala dan Kodim 1009 Pelaihari serta BPBD Tala.

Di Desa Tirta jaya Kapolda Kalsel beserta rombongan juga menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan Alat Kesehatan dan 100 Paket Sembako yang diserahkan kepada perangkat desa dan perwakilan warga Kampung Tangguh Banua Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin Kab Tanah Laut

Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK, SH, MH mengatakan, hari ini kami beserta Asisten Pemerintahan Setda Prov. Kalsel dan Pak Danrem melaksanakan kunjungan dalam meninjau pembentukan kampung tangguh banua, dimana di tanah laut kami mengunjungi dua tempat dan berakhir di Kampung Tangguh Banua desa Tirta Jaya.

Baca Juga
Pamitan di Apel Terakhir, Ini Pesan Kapolda Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.

“Kami lihat sangat bagus sekali partisipasi masyarakat yang didukung oleh aparat terkait berjalan sangat baik, Kami sangat Apresiasi kepada Pak Bupati, Bapak Kapolres Tala dan Dandim Serta Pak Camat yang semuanya sangat didukung oleh masyarakat yang baik” Ucap Kapolda.

“Displin Adalah Obat Yaitu Kunci Dalam Menghadapi Covid 19” Tegas Kapolda.

“Harapan kita dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dari tingat RT sampai dengan kelurahan untuk menghadapi Covid – 19 ini” Tambah Kapolda.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah mengatakan, apabila seluruh lapisan masyarakat, aparat desa, Tokoh masyarakat, tokoh Agama sudah bersatu kita bisa berbuat apa saja. Saya Yakin Tanah Laut Siap Hadapi Covid 19 Dengan Melihat Kesiapan Dari Kampung Tangguh Banua Di Desa Ambungan Dan Tirta Jaya Ini

“Kampung Tangguh Banua ini adalah merupakan jalan untuk kita bisa melawan Covid–19”, Ujar Danrem.

(Daniel)

Komentar

Berita Terkait