Kapolda Kalsel Bersama Forkopimda Kunjungi Kampung Tangguh Banua Kota Banjarmasin

KALSEL, Detiknews.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., serta Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah berkunjung ke Kampung Tangguh di Kota Banjarmasin, Rabu (17/6/2020) pukul 09.00 wita.

Ada 5 (Lima) Posko Kampung Tangguh Banua yang dikunjungi Kapolda Kalsel beserta rombongan Forkopimda yakni Kampung Tangguh Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat, Kampung Tangguh Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kampung Tangguh Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kampung Tangguh Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, dan Kampung Tangguh Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Selain berdialog langsung dengan para warga sekitar, dalam kegiatan kunjungan tersebut Gubernur, Kapolda Kalsel bersama Forkopimda Provinsi Kalsel dan Forkopimda Kota Banjarmasin juga melakukan pemeriksaan ke unsur-unsur yang ada di Posko Kampung Tangguh Banua seperti Pos Kesehatan, Pos Kesiapan Pangan, Pos Rumah Karantina dll.

Baca Juga
Pererat Tali Silaturahmi, Polda Kalsel Hadiri dan Berikan Pengamanan Haul Guru Sekumpul Ke 14

Dalam kunjungan tersebut nampak hadir Pejabat Utama Polda Kalsel, Sekda Provinsi Kalsel, Kajati Kalsel, Danlanal Syamsuddin Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin diwakili Wakapolresta Banjarmasin beserta Pejabat Utama Polresta Banjarmasin, Dandim 1007 banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Unsur Muspika, Unsur Tiga Pilar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda (KNPI Kota Banjarmasin), serta Masyarakat sekitar lingkungan Kampung Tangguh Banua.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. pada kesempatan ini mengatakan bahwa saat ini di Provinsi Kalimantan Selatan telah berdiri 67 Kampung Tangguh yang berada di 13 Kabupaten/Kota. Kampung Tangguh ini berisi petugas gabungan yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Polri dan TNI bersama petugas kesehatan.

Baca Juga
Kapolda Kalimantan Selatan Pimpin Sertijab Dirresnarkoba, KA SPN dan Kapolres Jajaran

Ia menuturkan bahwa berdirinya Kampung Tangguh bertujuan untuk mencegah dan menekan laju penyebaran wabah Covid-19 di Provinsi Kalsel mulai dari tingkat RT, RW maupun Kelurahan yang secara mandiri bisa menanggulangi wabah Covid-19 saat ini dengan cara menerapkan protokol kesehatan di daerah masing-masing.

Diharapkan, apabila warga keluar dari tempat tinggalnya, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat serta mengetahui aturan yang telah diterapkan agar bisa dilaksanakan.

Menurut Kapolda Kalsel, Kunci menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini yakni adalah Disiplin, karena dengan Disiplin akan membawa dampak secara keseluruhan sehingga semua yang dilakukan akan lebih berguna apabila masyarakat ikut aktif berperan dengan melaksanakan Disiplin.

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan Apresiasi dan penghargaan yang sebesar besarnya atas program Kampung Tangguh Banua yang menjadi Pelopor Kesehatan di Kota Banjarmasin.

Baca Juga
Ditpolairud Polda Kalimantan Selatan Menggelar Syukuran HUT Polairud Ke-69 Tahun 2019

“Seperti pepatah Sapu lidi akan menjadi kuat apabila disatukan, oleh karena itu masyarakat akan kuat dan tangguh seperti memiliki imunitas tubuh yang sehat dengan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19,” ucap Gubernur.

Lebih lanjut Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel mengatakan kunjungan ini untuk melakukan pengecekan kesiapan Posko Kampung Tangguh Banua di Kota Banjarmasin dalam penegakan disiplin masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan guna penanganan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan contoh kepada warga masyarakat di pemukiman penduduk lainnya sehingga seluruh masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menyongsong New Normal atau Tatanan hidup baru.

(Daniel)

Komentar

Berita Terkait