oleh

HUT Ke-74 TNI, Kodam XII/Tpr Angkat Kearifan Lokal melalui Gelar Lomba Dayung Perahu Naga

Detiknews.id – Perahu atau sampan masih menjadi salah satu alat transportasi alternatif masyarakat Kalimantan Barat serta menjadi salah satu kearifan lokal budaya mereka. Concern dengan pelestarian kearifan lokal tersebut, Kodam XII/Tanjungpura menggelar Lomba Dayung Perahu Naga yang dilaksanakan di Sungai Gertak 1-2 Sungai Jawi, Kota Pontianak, Minggu (13/10/19).

Lomba dayung diikuti sebanyak 32 tim yang berasal dari seluruh 11 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat. Lomba dibuka langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, ditandai dengan pemukulan genderang oleh Pangdam XII/Tpr didampingi oleh Wadanlantamal XII/Pontianak, Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno.,S.E., serta Kadislog Lanud Supadio, Kolonel Tek Arief Rachman Hidayat. Selain itu juga ditandai dengan pemberangkatan race pertama lomba dayung oleh Pangdam XII/Tpr.

jual properti

Lomba dayung yang digelar kedua kalinya oleh Kodam XII/Tpr ini memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Pangdam XII/Tpr. Selain untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat Kalbar, lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 TNI diharapkan juga mampu menarik kunjungan wisatawan ke Kalbar.

Pangdam XII/Tpr saat diwawancara oleh media mengatakan, lomba dayung perahu naga ini menjadi bagian kegiatan peringatan HUT ke-74 TNI, pada tahun lalu juga diselenggarakan dan ini yang kedua. Dengan adanya piala yang sudah disiapkan, Pangdam XII/Tpr berharap ini bisa menggelorakan semangat olahraga di kalangan masyarakat Kalimantan Barat terutama olahraga dayung.

“Mereka sudah berlatih beberapa hari yang lalu sehingga inilah event yang tepat untuk menggali potensi mereka untuk bersaing menjadi yang terbaik,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan dalam HUT ke-74 TNI, Kodam XII/Tpr menggelar dua kegiatan yang mengangkat kearifan lokal. Yaitu sebelumnya sudah digelar lomba sumpit dan yang sekarang ini lomba dayung perahu naga. Kedua perlombaan ini merupakan salah satu dari ciri khas masyarakat di Kalimantan Barat.

“Inilah dua olahraga yang kita tampilkan sehingga tentunya harapan kami olahraga ini terus berkembang dan ini menjadi kebanggan masyarakat Kalbar,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal Bintang Dua kelahiran Ciamis ini juga mengapresiasi banyaknya penonton yang menyaksikan lomba dayung perahu naga. Dengan adanya masyarakat yang sekian banyaknya menonton ini adalah suatu bukti bahwa Kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kalbar masih terjaga dengan baik.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar semua saling menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Karena bagaimanapun juga dengan semangat persatuan dan kesatuan, akan menciptakan keamanan di wilayah kita sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan baik.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait