oleh

Human Initiative Sambut Ratusan Warga Dari Wamena

Detiknews.id Malang – Human Initiative Jawa Timur bersama  relawan yang ada di Kota Malang turut serta membantu pihak Pemerintahan dalam penyambutan dan pemulangan para penyintas dari Wamena, Papua.

Sekitar pukul 14.00 WIB para peyintas tiba di  Bandara Abdurrahman Saleh, Malang. Dengan jumlah 120 orang terdiri dari 105 orang dewasa dan 15 anak-anak. Setelah itu mereka di bawa ke Kantor Bakorwil, Klojen Malang.  Sementara informasi untuk besok masih ada 130 orang lagi yang akan tiba di Malang. Dan Human Initiative akan terus berlanjut mendampingi hingga selesai pemulangan para penyintas di Jawa Timur.

jual properti

Di sana langsung disambut oleh Dinas setempat. Para peyintas ini berasal dari beberapa daerah Jawa Timur dari Probolinggo, Madura, Pasuruan, Lumajang, dan Jember dan beberapa orang dari Solo dan Pemalang. Mereka disambut dengan hangat oleh pemerintahan terkait terutama oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Muthori Kacab Human Initiative Jatim dalam menyikapi hal ini menyampaikan, sebagai lembaga  yang konsen dalam  memberikan bantuan bagi para penyintas baik akibat kebencanaan dan konflik kemanusiaan Human Initiative ingin memberikan kontribusi kepedulian dan solusi bagi para penyintas terutama yang akhir-akhir ini terjadi di Wamena  maupun daerah lain di tanah Papua.

” Maka sejak awal Human Initiatve konsen pada isu kemanusiaannya saja. Karena jelas yang nama nya konflik tentu saja ada pihak- yang menjadi korban dan dirugikan baik material, harta bahkan jiwa. Dalam penanganan isu ini Human Initiative sifatnya hanya support dan memberikan bantuan kepada penyintas yang belum diberikan oleh pihak perintah maupun lembaga lain,” tuturnya. Sabtu (05/10/2019)

Lanjut Muthori, sebelum melakukan aksi penyambutan para penyintas yang berasal dr wilayah Jawa Timur kami juga melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan yamg menangani hal ini, juga secara internal dengan lembaga-lembaga sejenis.

” Nah intinya Human Initiative ingin memposisikan diri sebagai Lembaga Kemanusiaan yang merawat kemanusiaan itu sendiri. Tidak mengeksploitasi, tetapi menguatkan pesan damainya serta pesan menghargai hak dan martabat  manusia,” ungkapnya.

Selain itu,  Human Initiative hari ini turut andil dalam pendataan penyintas, pembagian bantuan berupa hygiene kits dan pemulangan ke rumah maaing-masing yang dilakukan sekitar pukul 19.00 WIB. Human Initiative sendiri mendapat lokasi pengantaran ke Probolinggo. (M9)

Komentar

Berita Terkait