oleh

Ditengah Pandemi Covid-19, Ster TNI Ajak Pelaku Bisnis Beralih Ke E-Commerce

Print This News Print This News

JAKARTA, Detiknews.id – Ditengah mewabahnya Covid-19, Staf Terotorial (Ster) TNI mengajak kepada pelaku bisnis untuk melakukan transisi ke sistem online atau e-commerce sebagai salah satu alternatif wadah berbisnis dimasa sekarang. Oleh karena itu, membangun rasa percaya antar pebisnis dan konsumen menjadi bagian yang sangat penting dalam mengoptimalkan sistem online.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. saat membuka pelaksanaan Komsos Kreatif TNI TA 2020 yang diikuti oleh 500 peserta, bertempat di Aula terbuka RM. Ombak Laut Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020).

Webinar tersebut diikuti oleh 500 peserta yang mana 50 orang hadir ditempat acara dan 450 orang mengikuti secara virtual melalui Kotama TNI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aster Panglima TNI menuturkan bahwa bangsa Indonesia tengah dilanda ujian yang sangat berat dengan mewabahnya virus corona (Covid-19), yang dinyatakan oleh world healt organization (WHO) sebagai pandemi. Hal ini telah menjadi kegelisahan dan menimbulkan kekhawatiran banyak kalangan termasuk di Indonesia. Sebagai bangsa yang besar, Covid-19 menguji daya juang, kedisiplinan, kepatuhan, ketenangan seluruh masyarakat dalam mengambil langkah cepat dan tepat untuk menghadapi semua tantangan tersebut.

Dampak yang ditimbulkan dari pandemi virus corona saat ini telah membawa kerugian di segala sektor kehidupan. Kondisi tersebut dapat berpotensi menjadi ancaman yang kompleks seperti kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, Mayjen TNI Madsuni mengajak seluruh peserta Webinar agar senantiasa ikut berperan aktif mendukung program pemerintah dalam upaya membangkitkan perekonomian yang saat ini sedang mengalami keterpurukan agar kembali stabil seperti semula.

Aster Panglima TNI menjelaskan bahwa banyak bisnis seperti toko ritel, salon rambut, pergudangan, pabrik dan sektor perdagangan lainnya mengalami penurunan pasar yang mengakibatkan banyaknya pekerja yang dirumahkan karena wabah Covid-19. Instruksi pemerintah menjaga jarak atau kontak diantara masyarakat, menjadi sangat penting bagi pelaku perekonomian untuk berinteraksi.

“Sempitnya ruang gerak antara penjual dan pembeli saat ini menjadikan sistem online sebagai jalan keluar yang paling baik di tengah pandemi,” jelasnya.

Melalui acara Webinar yang diselenggarakan Ster TNI dengan tema “Business Strategy On Pandemi” diharapkan strategi bisnis di tengah pandemi perlu strategi yang matang, perencanaan marketing, dan pengaturan anggaran yang efektif untuk dapat terus menjaga kestabilan laju bisnis. Saat ini pebisnis perlu mengubah pola berpikirnya untuk mengesampingkan ambisi dalam mengejar keuntungan menjadi semangat untuk dapat bertahan di tengah pandemi, dan terus berpikir positif serta tidak berputus asa.

Untuk menambah pengetahuan bagi pelaku bisnis peserta Webinar, Ster TNI menghadirkan beberapa narasumber yaitu Bapak M Ikhsan Ingratubun selaku (Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia), Bapak Rizal Mulyana, M.B.A. selaku pengusaha (Dikios/Warung Moderen Ritel Digital), Bapak Toro Sudarmadi selaku selaku (Ketua Umum HIPWI) dan Bapak Teguh Yudo Wicaksono, S.E., Ph.d. selaku (Head of Mandiri Institute Bank Mandiri), yang akan berbagi strategi berbisnis dalam masa pandemi serta dipandu oleh Ibu Ziza Hamzah selaku Moderator Webinar.

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait