Dari 38 Daerah Di Jawa Timur, Hasil SSC Jokowi Ma’ruf Masih Unggul

0 187
Foto : Para nara sumber yang menyaksikan survey SSC – detiknewsid/m9

Detiknews.id – Hotel Yellow jalan Jemursari Surabaya menjadi tempat pilihan oleh lembaga Surabaya Survey Center (SSC). Dalam rangka survey SSC senorai kontestasi, menghadirkan Nara Sumber kompeten untuk menyaksikan  hasil survey yang dikeluarkan SSC.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Sekretaris DPD Partai Gerindra Anwar Sadad, Caleg PKB Fandi Utomo, Caleg Demokrat Bayu Airlangga, Direktur SSC Mochtar W. Oetomo, Prof Yayan, Elis Yusniawati peneliti SSC dan Surotim SSC sebagai moderator.

BUPATI KARO

Dalam wawancara Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana memaparkan, Survei oleh SSC ini berdasarkan pada survey yang dilaksanakan mulai 10 hingga 20 Desember 2018 di 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Siapapun pemimpinnya yang penting Jawa Timur harus maju,” ungkapnya. Rabu (09/01/2019)

Adv PMS

Direktur SSC Mochtar W. Oetomo memaparkan, Elaktibilitas Capres Jokowi – Ma’ruf Amin di awal tahun 2019, terus mengungguli pasangan Prabowo – Sandiaga Uno.

“Dari hasil Survey pasangan Jokowi meraih 55,9 persen suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 32.1 persen suara, sisanya sebanyak 12 persen masih merupakan undecided voters,” tutur Direktur SSC Mochtar W. Oetomo.

Mochtar juga menambahkan, Undicided Voters yang mencapai 12 persen dengan margin of errors sebesar 3 persen. Riset dilakukan menggunakan 1000 responden dengan teknik stratified multistage random sampling. Maka segala hal masih bisa terjadi karena pilpres digelar bulan April mendatang.

ADV Korem 045 Garuda Jaya

“Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno masih mungkin mengejar ketertinggalan yang ada pada data saat ini. Meskipun tidak bisa dipungkiri pula saat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh,” tambah Mochtar.

Foto : (Dari kiri ke kanan) Caleg Demokrat Bayu Airlangga, Sekretaris DPD Partai Gerindra Anwar Sadad, Direktur SSC Mochtar W. Oetomo, Wisnu Sakti Buana, Caleg PKB Fandi Utomo, Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Prof Yayan pengamat politik – detiknewsid/m9

Sekretaris DPD Partai Gerindra Anwar Sadad menambahkan, hasil survey SSC ini menjadi masukan tersendiri bagi tim pemenangan Prabowo – Sandiaga Uno, agar dievaluasi dan membalikkan keadaan, karena hasil survey internal partai Gerindra, Jokowi ungggul 2 persen, dari Prabowo dalam skala Nasional.

“Di lembaga survey yang lain misalnya, mas Mufti Mubarok itu menyampaikan bahwa ini posisinya sudah 49 : 51. Menurut saya luar biasa, secara Nasional. Kita optimis lah, bahwa masih cukup waktu 3 bulan ini untuk mengejar ketertinggalan, ” ungkapnya.

Ke 4 partai yang berhasil masuk batas aman parliamentary threshold masih-masing adalah PDIP meraih 21.2 persen, PKB 21.2 persen, Gerindra 13.2 persen, Demokrat 8.6 persen, dan Golkar 5.8 persen.

Selanjutnya, PAN berada di posisi pertama meski belum sampai ke titik aman. “PAN 3.8 persen, PPP 3.6 persen, Nasdem 3 persen, PKS 2.8 persen, Hanura dan Perindo sama-sama meraih 1.2 persen.

Untuk partai baru harus berjuang keras seperti Garuda, PSI, dan PBB, masing-masing 0.3 persen, Berkarya meraih 0.2 persen. Terakhir, PKPI mendapatkan 0.1 persen. (M9)

- Advertisement -

Comments
Loading...