oleh

Danrem : Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Jadikan Momentum Untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Kebangsaan

Kalimantan Tengah, DetikNews.id – Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual di Kantor Gubernur Kalteng di Aula Jayang Tingang, Kamis pagi, 1 Oktober 2020.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Pada kesempatan tersebut mengatakan Hari Kesaktian Pancasila jadikanlah momentum untuk meningkatkan rasa nasionalis kebangsaan.

“Hari Kesaktian Pancasila ini juga untuk mengenang enam jendral dan satu kapten yang telah gugur pada kejadian gerakan 30 S/PKI pada 30 September 1965,” kata Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, dan turut dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pada rangkaian upacara, Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Kemudian pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan dalam keadaan bencana pandemi Covid-19. Tampak seluruh pejabat yang hadir dan para petugas upacara di Monumen Pancasila Sakti menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak. (4n5)

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait