oleh

Danramil 0414 – 01 Tanjungpandan Hadiri Rakornis  Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla Bersama Forkopimcam

Belitung,Detiknews.id —
Rakornis penanggulangan dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Diwilayah Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung bertempat di ruang rapat Kantor Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung Kamis (19/09/2019)


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Dalam Rakornis bersama Forkopimcam dan seluruh Stage Holder ini di bahas tentang pembentukan Satgas dan cara yang tepat untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Mayor Inf Trijoyo selaku
Danramil 0414 – 01/ Tanjungpandan  menyampaikan ,” Bahwa  Damkar Pemda Kabupaten Belitung, TNI dan Polri telah berupaya dalam penanggulangan Karhutla di Wilayah Kabupaten Belitung namun masih ada warga atau oknum yang dengan sengaja untuk melakukan pembakaran. Rapat ini merupakan awal dari pembentukan Satgas tingkat Kecamatan dalam penanggulangan Karhutla di Wilayah Kecamatan Tanjungpandan,”Terangnya

Dalam menanggulangi Karhutla  ide atau gagasan dalam penanggulangan Karhutla sangat di perlukan diantaranya ide dari Pemerintahan tingkat kelurahan dan Desa diwilayah Kecamatan Tanjungpandan,” Ujar Danramil.

Ide itu seperti menyediakan alat pemadam api ringan dalam upaya pertama sebelum datangnya bantuan mobil Damkar Pemda Belitung.Semua unsur baik pemerintahan dan masyarakat harus bersinergi mendukung dalam penanggulangan Karhutla di Wilayah Kecamatan Tanjungpandan,” Ungkap Mayor Inf Trijoyo.

Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko, SH dalam kesempatan ini  menyampaikan juga tentang penanggulangan Karhutla diwilayah Tanjungpandan.

“Kita sebagai masyarakat perlu menanamkan sifat untuk saling menjaga kampung kite yaitu Belitung agar bebas dari Karhutla,” Imbuh Kapolsek.

Akan melakukan penindakan serta proses hukum secara tegas dan tidak tebang pilih terhadap pelaku yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan karena merupakan perbuatan melanggar hukum,Mari kita bersama menjaga Kabupaten Belitung,karna Kabupaten Belitung pada saat ini ratting pertama dari segi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang ada di Indonesia,” Jelas Kapolsek.

Marzuki, S.IP selaku
Camat Tanjungpandan  dalam Rapat Koordinasi dan Sinergitas Forkopimcam ini mengatakan,” Terimakasih kepada Danramil Tanjungpandan, Kapolsek Tanjungpandan  beserta jajaranya yang aktif dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan Karhutla, baik melalui penyuluhan Babinsa,maupun pemasangan spanduk tentang stop kebakaran hutan dan lahan,”Katanya

Adapun hasil dari Rapat Koordinasi dan Sinergitas Forkopimcam bersama 3 Pilar menghasilkan  Satgas / Tim Penanggulangan Bencana Karhutla pada tiap – tiap desa yang ada di Kecamatan Tanjungpandan, serta Pembuatan SK oleh Lurah,”Papar Marzuky.

Dalam pembentukan Tim Bencana Karhutla, Kades / Lurah untuk melakukan pengadaan iventaris berupa Motor Tosa, Drum Plastik dan Mesin air / Robin melalui dana CSR atau dana penanggulangan bencana sebagai bentuk penanggulangan pertama sebelum datangnya bantuan dari Mobil Damkar Kabupaten Belitung,” Ungkap Camat.

Dalam kegiatan  dihadiri oleh Camat Tanjungpandan (Marzuki, S.IP), Kapolsek Tanjungpandan (AKP Agus Handoko, SH), Danramil 01 Tanjungpandan (Mayor Inf Trijoyo), Para Kades / Lurah beserta Bahabinkamtibmas dan Bhabinsa Se-Kecamatan Tanjungpandan yang berjumlah 30 orang.

Jurnalis : Rey
Sumber : Penerangan Kodim
0414 Belitung

Komentar

Berita Terkait