oleh

Bupati Luwu Timur, Respon Positif PT Vale Rencana Penataan Taman CCLT

Detiknews.id, SULSEL – Merespon program prioritas Bupati Luwu Timur (Lutim) H. Budiman terkait penataan taman kota sebagai wujud implementasi program Ruang Terbuka Hijau (RTH), PT Vale Indonesia sebagai perusahaan global menggelar ekspose rencana penataan taman kota di Malili Ibukota Kabupaten yang berjuluk Bumi Batara Guru.


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Taman kota yang di ekspose PT Vale Indonesia yakni City Center Luwu Timur (CCLT). Tim Vale yang dipimpin Yusri memaparkan konsep desain penataan taman CCLT.

“Ini masih konsep awal yang ditawarkan perusahaan kepada pemerintah daerah, masih bisa dikritisi untuk disempurnakan,” kata Yusri, Sabtu 1 Mei 2021.

Dalam ekspose itu, CCLT akan dibagi menjadi lima titik bundaran yang saling terkait. Ada tugu di tengah yang dikelilingi air mancur, kemudian ada lokasi area hiburan yang juga lengkap dengan panggung utamanya, ada juga taman geopark yang menggambarkan tiga danau. Kemudian ada kantor operasional taman yang di depannya terdapat kendaraan alat berat perusahaan. Secara keseluruhan konsep taman CCLT ini ide besarnya dari logo Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, H Budiman mengatakan pihaknya bersama DPRD sepakat dengan konsep penataan taman kota CCLT yang diekspose tim PT Vale Indonesia.

Menurutnya konsep taman ini sudah modern dan dibalut nuansa budaya. Namun ia juga memberikan beberapa masukan seperti taman harus ramah anak dan disabilitas serta penataan cahaya taman juga harus diperhatikan.

“Ke depan kalau taman ini selesai dibangun dan sesuai visualnya, maka ini akan menjadi icon baru daerah. Saya sangat berharap taman ini nantinya bisa diwujudkan,” harap Budiman.

Orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini, juga mengharapkan agar konsep ini dapat segera ditindaklanjuti dengan rencana aksi. Olehnya itu, Budiman juga mengingatkan dinas terkait supaya segala hal berkaitan dengan perizinan untuk pengerjaan bundaran CCLT ini harus dimudahkan.

“Kita punya slogan, membangun kota dengan menata taman-taman kota. Untuk wilayah desa, kami sudah siapkan program Rp1 Miliar perdesa untuk mengoptimalkan infrastruktur dan potensi masing-masing desa,” tambah Budiman.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina Akhmad selaku fasilitator dalam pertemuan ini mengatakan selain PT Vale Indonesia masih ada 15 pihak baik perusahaan maupun perbankan yang juga siap menandatangani MoU dengan pemerintah daerah terkait penataan taman kota dalam rangka mendukung program Ruang Terbuka Hijau.

Rapat ekspose taman CCLT kemarin itu, dihadiri langsung Bupati Luwu Timur, H Budiman, Wakil Ketua I DPRD, HM Siddiq BM, Kadis DLH, Andi Tabacina Akhmad, Kadis Dagkop dan UKM, Rosmiyati Alwi, Sekertaris Pol PP dan Damkar, Salman, Kades Puncak Indah, Cakkir, Perwakilan Bapelitbangda, Perpustakaan dan Kearsipan serta Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga. (yustus)

Komentar

Berita Terkait