oleh

Bupati Luwu Timur Buka Bimtek TOT Aplikasi Prodeskel bagi Kapasitas Perangkat Desa

DetikNews.id, Sulawesi Selatan – Demi dan guna memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan, serta pembangunan desa/kelurahan di Kabupaten Luwu Timur yang dijuluki Bumi Batara Guru, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur (Lutim), menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada semua aparatur desa se-Kabupaten Luwu Timur, 1 hingga 4 Oktober 2021 di Hotel Santika Makassar Sulawesi Selatan.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Pelaksanaan bimtek tersebut dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur H.Budiman dihadiri 161 Desa dan Sekertaris Desa serta kepala seksi pemerintahan dari prodeskel.

Adapun Narasumber yang didatangkan untuk memberi materi kepada para peserta yakni, Kasubid Evakuasi perkembangan Desa Wilayah 3 Kalimantan dan Sulawesi Munawar Kholik.

Dalam sambutan Bupati Luwu Timur, H.Budiman mengatakan jika bimtek pemantapan aparatur desa merupakan tindak lanjut dari amanat Undang–Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Pemerintah Daerah Luwu Timur sangat menyadari bahwa, peningkatan kapasitas dan kemampuan aparat pemerintah desa harus ditingkatkan secara berkala sehingga pemahaman terhadap pekerjaan yang diembannya. Sehingga penting dilakukan dalam menyempurnakan kinerja dari aparatur pemerintah desa di dalam menjalankan pelayanan yang optimal ke masyarakatnya.

Bimbingan teknis (Bimtek) tersebut, lanjut H.Budiman menyampaikan, jika hakekatnya bertujuan untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, utamanya peningkatan kapasitas aparatur desa sebagai persyaratan dalam penguatan pemerintahan desa.

Terlebih, saat ini semua desa dituntut mampu mengeksplorasi kemampuan dan potensi yang dimiliki di masing-masing desa.

“Nah terkait itu, dengan pelaksanaan Bimtek ini diharapkan semua Desa dapat menyediakan data-data di desa yang dapat mendukung dan mewujudkan Pencapaian Indeks Membangun dan sesuai arah pembangunan Kabupaten yang berjuluk Bumi Batara Guru (Luwu Timur, red), sesuai dengan visi dan misi yang dibutuhkan terkait denfan kondisi yang dituangkan dalam dqta dan profil desa seperti, data dari potensi desa dan tingkat perkembangan desa,” sebut Bupati Luwu Timur.

Dengan bimbingan teknis ini, Bupati H.Budiman menambahkan bahwa, usaha memenuhi ketersediaan data yang akurat seperti data dasar desa, potensi desa serta tingkat perkembangan desa itu bisa diwujudkan untuk sebagai rujukan yang valid dalam penyusunan dan perencanaan pembangunan jangka menengah yang merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa.

“Data ini kata Bupati H.Budiman, karena dengan data yang akurat, maka kedepannya akan digunakan untuk penyusunan perencanaan secara berjenjang dan berkelanjutan,” ungkapnya.

H.Budiman Bupati Luwu Timur dalam kegiatan bimtek tersebut, berpesan kepada para kepala desa dan aparatur desa untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, supaya materi yang didapat bisa diterapkan di desanya masing-masing.

“Bimtek ini dibuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sangat serius mendorong peningkatan kapasitas aparatur desa dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa,” terangnya lagi.

Hal itu juga sebagai upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di pemerintahan desa, sehingga pemerintah desa dapat menata program sesuai kewenangannya guna menghindari terjadinya tumpang tindih kewenangan antara desa dan kabupaten.

”Pemerintah Desa merupakan ujung tombak, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, dengan digelarnya Bimtek ini diharapkan para aparatur desa mampu belajar juga untuk mengelola dan menata desa dengan baik, hal ini juga tak kalah pentingnya,” tandas H.Budiman.

Sekadar diketahui bahwa, Bimtek ini digelar dengan uang rakyat karena menggunakan APBD, artinya jangan sampai outputnya tidak jelas, harus ada peningkatan ilmu dan para Kepala Desa bisa lebih paham tentang penyelenggaran pemerintahan di desa. (yustus)

Mungkin Anda Suka

Komentar