oleh

Bakamla Dorong Peran Masyarakat Desa Maritim Kuala Jaga Keamanan Keselamatan Laut

Detiknews.id, – Sebagai tindak lanjut pengembangan pemberdayaan masyarakat Desa Maritim, Bakamla RI melalui Direktorat Kerja Sama memfasilitasi berbagai kegiatan yang berfokus pada upaya membangun kesadaran masyarakat pesisir atas perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut. Kegiatan digelar di Desa Kuala, yang merupakan salah satu desa maritim binaan Bakamla, yang berada di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, LC yang hadir dalam pembukaan kegiatan fasilitasi mengatakan sangat menyambut baik hal ini, yang mana Desa Kuala telah ditetapkan sebagai Desa MAritim sejak tahun 2018. Harapannya, Bakamla dapat memanfaatkan potensi lokal masyarakat pesisir Sambas dan perbatasan lautnya serta bersinergi dalam menghadapi semua potensi ancaman dan gangguan keamanan dan keselamatan laut. Pada kesempatan ini Bupati Sambas Bersama Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H. menyerahkan 150 unit life jacket untuk mendukung keselamatan nelayan dalam beraktivitas di laut.

jual properti

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (10/10) ini melibatkan beberapa stakeholder terkait, salah satunya adalah Kepala Pos SAR SIntete Hermansyah menyampaikan sosialisasi tentang alat keselamatan diri di laut didampingi personel Pos SAR Sintete Zulhijah untuk memandu praktek penggunaan alat keselamatan laut. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat, dalam hal ini nelayan, agar lebih memahami pentingnya alat keselamatan diri di laut serta dapat menolong diri sendiri dan orang lain apabila mengalami kejadian kecelakaan di laut.

Dalam sambutan pembukaan Direktur Kerja Sama yang diwakili Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri ini juga menyebutkan adanya rencana Bakamla membentuk Relawan Penjaga Laut Nusantara (RAPALA). Rencana ini disosialisasikan pula oleh Kepala Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas Ilhamsyah, S.E. didepan puluhan masyarakat Selakau yang hadir. Dikatakannya, sosialisasi ini merupakan cara Bakamla untuk membangun cara pandang masyarakat sebagai komponen pendukung dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut, sehingga masyarakat Bersama Bakamla memiliki kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut.

Bukan itu saja, Bakamla juga bekerjasama dengan PT XL Axiata menyerahkan Router Program Gerakan Donasi Kuota kepada perwakilan 5 SMA dan SMK. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses internet dan data guna mendukung peningkatan kualitas Pendidikan melalui media digitalisasi, serta penguatan kapasitas siswa melalui pelatihan kepemimpinan berbasis digital.

Turut serta menghadiri kegiatan yaitu Plt. Camat Selakau, Kapolsek Selakau, Danramil Selakau, Ketua BPD Kuala, Ketua LPM Kuala, Kepala Sekolah SMA dan SMK, Kepala Desa Kuala Bapak Himawan, serta perwakilan Polairud. Hadir pula Kepala SPKKL Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono, S.E., yang turut mensukseskan jalannya kegiatan, bersama Kasie Kerja Sama Non Pemerintahan Mayor Bakamla Ariana Listyanawati, S.Pd, Kasi Potensi Keselamatan Laut Mayor Bakamla Trirah Astuti, S.E., dan Kasi Potensi Keamanan Laut Mayor Bakamla Riandi Yudha G., S. Ip., M.Han.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait