Amankan Pilkada 2020, KPU Surabaya dan Polres Tanjung Perak Gelar Simulasi

Detiknews.id Surabaya – Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersinergi dengan semua instansi terkait. Melaksanakan gelar Apel Mantap Praja Semeru 2020, dalam rangka kesiapan dan pengecekan kelengkapan pasukan serta simulasi pengamanan TPS di wilayah Polres Tanjung Perak yang disediakan dengan protokol kesehatan. Kegiatan berada di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum S.Si MH, mengatakan, bahwa pilkada saat ini suasana berbeda karena adanya Covid-19 akan tetapi pilkada tetap dilaksanakan namun protokol kesehatan harus dilaksanakan. Kami bekerjasama dengan instansi terkait seperti KPU Kota Surabaya.

Simulasi Pilkasa yang dilakukan oleh KPU Surabaya dan Polres Tanjung Perak / M9

”Untuk Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan jajaran TNI, Linmas beserta, KPU, Bawaslu dan masyarakat melaksanakan simulasi persiapan Pulkada. Selain itu kami bekerjasama semua intansi terkait agar bisa menekan pandemi Covid-19. Agar bisa keluar dari Zona Hitam,” jelasnya. Senin (30/11/2020)

Lanjut Ganis, tingkatkan kerjasama antar intansi dalam Pam Pilkada serta Netralitas tetap dijunjung dan sukseskan pemilu. Kami sudah siapkan kekuatan personil, dengan melakukan pengecekan pagi ini. Tim KPU juga akan melakukan simulasi agar tidak ada keraguan dalam pengamanan Pilkada nanti.

”Kami himbau kepada masyarakat, tetap menggunakan Masker, cuci tangan dan jaga jarak. Apabila datang ke TPS untuk melaksanakan ketentuan dengan menjaga protokol kesehatan. Untuk anggota tingkatkan keamanan dan lakukan pendekatan hukum. Selain itu, lakukan pengendalian dan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu,” tandasnya.

Nur Syamsi, S.Pd KPU Kota Surabaya menambahkan, KPU kota Surabaya untuk persiapan pelaksanaan pilwali di tengah pandemi telah siap hampir 99 persen. Hari ini seluruh APBD sudah siap seluruh alat kelengkapan TPS sudah siap tinggal kemudian mendistribusikan ke PPK untuk dilakukan setting packing per TPS.

“Selanjutnya tanggal 8 dan tanggal 9 akan dilakukan distribusi ke KPPS dan sudah di siapkan baju hasmat dan sesuai dalam peraturan KPU 8/2020,” jelasnya.

Lanjut Nur Syamsi, untuk pelayanan terhadap pemilih yang sedang sakit maupun terhadap pelayanan pemilik yang sedang menjalani isolasi Mandiri ada 2 KPPS yang akan menghampiri pemilih yang sedang sakit dan sedang menjalani isolasi mandiri ke kediaman.

“Jadi akan datang ke tempat tinggalnya 2 petugas KkPS akan di dampingi oleh saksi setiap pasangangan calon dan petugas KKPS dan itu dilakukan pada pukul 12.00 hingga pukul 13.00,” paparnya.

Untuk kegiatan Simulasi Pencoblosan di TPS dengan Protokoler Kesehatan dengan penanganan pemilih : suhu badan dibawah 37″, untuk suhu tubuh diatas 37″, di sediakan bilik khusus di area TPS, untuk kondisi Disabilitas yang di dampingi oleh pendamping. Pendamping hrs mengisi form pendampingan, Pemilih saat proses pencoblosan di TPS mengalami pingsan dengan mendapatkan pertolongan medis dan Pemilih yang dalam keadaan sakit dan isolasi mandiri di rumah.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Dandim 0830/Surabaya Utara, Kasdim 0831/Surabaya Timur, Kabakesbang Linmas Surabaya, Kasatpol PP Kota Surabaya, Kadinkes Surabaya, Danramil di Wilayah Polres Tanjung Perak, Kapolsek jajaran Polres Tanjung Perak, Camat wilayah Tanjung Perak, Panwascam wilayah Polres Tanjung Perak, Ketua PPK wilayah Polres Tanjung Perak dan Kepala Puskesmas wilayah Tanjung Perak. (M9)

Komentar

Berita Terkait