oleh

Kasum TNI : Kejadian di Sorong Telah Ditangani dengan Baik

Detiknews.id, – Kejadian unjuk rasa dan kerusuhan di Kota Sorong telah ditangani dengan baik, sehingga dapat dengan cepat diredam. Demikian diungkapkan Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, disela-sela kunjungan kerjanya ke Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (21/8/2019) untuk meninjau langsung situasi dan kondisi Kota Sorong, pasca unjuk rasa yang berakhir rusuh pada Senin dan Selasa (19 dan 20/8/2019) lalu. Kasum TNI dan rombongan bertolak menuju Kota Sorong, setelah sebelumnya mengunjungi Kota Manokwari, Papua Barat.

Menurut Kasum TNI, kinerja aparat keamanan dalam melibatkan berbagai komponen masyarakat dalam penanganan gejolak sosial di Kota Sorong merupakan suatu langkah yang tepat dalam meredam situasi menjadi aman dan terkendali.

“Kerusuhan di Kota Sorong dapat cepat diredam karena aparat keamanan, TNI dan Polri, telah melibatkan segenap komponen masyarakat, baik Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, maupun berbagai tokoh di masyarakat lainnya, yang kemudian bersatu padu dan saling bahu membahu melakukan pencegahan terhadap kemungkinan-kemungkinan negatif yang bakal terjadi,” ucap Letjen TNI Joni Supriyanto.

Kasum TNI berharap, permasalahan di Papua Barat, khususnya di Kota Sorong dapat cepat terselesaikan. Selain itu, Kasum TNI juga menegaskan kepada para Prajurit TNI yang didatangkan dari luar Papua, agar membantu warga masyarakat.

“Saya berharap, permasalahan di Papua Barat, khususnya di Kota Sorong secepatnya diselesaikan. Keberadaan para Prajurit TNI yang didatangkan dari luar Papua, selain untuk membantu pengamanan wilayah, juga sekaligus memberikan penjelasan dan menghimbau warga masyarakat, agar tidak mudah diadu domba melalui berita-berita provokatif yang sengaja disebarluaskan untuk memecah belah kerukunan dan persatuan warga masyarakat Papua,” tegas Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait