Turut Cerdaskan Anak Perbatasan, Satgas Yonif R 600 Terapkan Kemampuan Mengajar dari Kemendikbud

Detiknews.id, – Sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi mencerdaskan anak-anak di perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang, menerapkan kemampuan mengajar yang diterima dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat pra tugas kepada siswa SDN 01 Tabur Lestari Simanggari

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang Mayor Inf Ronald Wahyudi di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (19/7/2019).

Dikatakannya, kehadiran personelnya di sekolah tersebut untuk memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa untuk belajar lebih giat di tahun ajaran baru ini sekaligus menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada siswa sekolah di perbatasan wilayah Simanggaris, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

“Kami sengaja menghadirkan personel Satgas ke sekolah, karena tahun ajaran baru ini, diharapkan siswa makin semangat dalam belajar. Selain itu kami juga memberikan pembekalan kepada para siswa dengan materi wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Baca Juga
Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-92, Satgas Yonif 642 Ajarkan PBB Kepada Anak-Anak Perbatasan

Selain memberikan motivasi dan materi wawasan kebangsaan kepada para siswa, Imbuh Ronald, personelnya juga telah disiapkan untuk membantu menjadi tenaga pengajar di wilayah ini karena keterbatasan jumlah guru pengajar.

“Personel kami juga telah dibekali ilmu cara mengajar karena memang hal tersebut telah kami latihkan kepada anggota saat pra tugas,” tuturnya.

“Beberapa personel kami mendapatkan pelatihan mengajar dari Dinas Pendidikan Nasional, sehingga bila dibutuhkan untuk mengajar, mereka telah siap, baik secara materi keilmuan maupun cara mengajar,” imbuhnya.

Dengan kehadiran personel Satgas Pamtas ini di sekolah, pihak sekolah merasa terbantu dan para siswa juga merasa sangat senang.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait