oleh

Tangkal Pergaulan Bebas Remaja, Sat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Gelar Penyuluhan

Detiknews.id, – Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya lainnya Narkoba, tertib berlalu lintas, tawuran antar pelajar maupun maraknya sex bebas dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya merupakan suatu masalah global yang mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Satuan Pembinaan Masyarakat Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kanit BinPolmas Ipda Sunaryo dan Kaurmintu Sat Binmas Ipda Agus Setiarto melakukan penyuluhan dengan mengangkat tema “Kenakalan Remaja Zaman Now” agar remaja dapat lebih mengerti dan memiliki daya tangkal terhadap pengaruh negatif, bertempat di Aula Masjid PTDI Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, (27/11/2019).

Ratusan pelajar siswa dan siswa Kelas 9 MTs PTDI tersebut tampak antusias mendengarkan ceramah, diskusi, dan tanya jawab yang dipilih untuk menjelaskan mengenai karakteristik dan perkembangan motorik siswa MTs agar mampu mengenali dampak hukum dan dampak sosial serta dampak negatif lain akibat penyalahgunaan Narkoba maupun perilaku seks bebas di kalangan remaja.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Dr. Reynold E.P Hutagalung, S.E.,S.I.K.,M.Si.,M.H. melalui Kasat Binmas AKP Supriyadi, S.H berharap mereka mampu secara mandiri menjauhi dan menghindari hal tersebut. Rekomendasi kegiatan ini adalah perlunya penyuluhan dilaksanakan secara berkala, terprogram, dan berkesinambungan, khususnya sehingga kesadaran dan daya tangkal siswa terhadap penyalahgunaan Narkoba dan perilaku seks bebas dapat lebih ditingkatkan, pungkasnya.

Dijelaskan Kasat Binmas AKP Supriyadi, S.H., banyak faktor yang dapat menyebabkan remaja mulai menyalahgunakan narkoba, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan ketergantungan. Beberapa faktor penyebab penyalahgunaan narkoba diantaranya yaitu: faktor kepribadian, faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor masyarakat dan komunitas sosial, faktor populasi yang rentan, jelasnya.

Bahkan, para pelajar juga sudah banyak yang terjerat akan narkoba. Salah satu dampak negatif dari pemakaian narkoba ini, yaitu perilaku menyimpang remaja. Yakni, seks bebas.

“Makanya, narkoba ini sangat berbahaya. Sebab, pemakai narkoba identik dengan pelaku seks bebas,” ujar Supriyadi, dihadapan para pelajar.

Apalagi pelajar, saat usia muda rasa ingin tahu ini selalu berlebihan. Makanya, berawal dari ingin tahu, banyak pelajar yang coba-coba pakai narkoba. Akhirnya, kecanduan. Parahnya lagi, mereka juga sering melakukan seks bebas.

Mengingat, persoalan penyalahgunaan narkoba dan seks bebas ini, tak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak semata. Melainkan, seluruh elemen masyarakat juga harus turut andil guna meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan narkoba dan seks bebas yang dilakukan oleh pelajar.

Karena itu, pencegahan harus dilakukan. Salah satunya, dengan penyuluhan. Dengan cara ini, diharapkan bisa membentengi generasi muda dari pergaulan yang negatif.

Secara terpisah, Guru dan para pelajar mengaku sangat senang bisa menjadi peserta penyuluhan yang diselenggarakan oleh Sat Binmas Pelabuhan Tanjung Priok. Apalagi, ilmu yang didapat double. Karena dalam penyuluhan yang dikemas dengan konsep kekinian ini, peserta memperoleh ilmu ilmiah.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait