oleh

Program ITS, Waste to Energy Environation 2019 Indonesia Bersih Sampah

Detiknews.id Surabaya – Empire Palace Virginia room yang berada di Jalan Embong Malang Surabaya, menjadi tempat kegiatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mengadakan Surabaya Environmental Talk Show, Environation 2019 dengan tema “Waste to Energy.

Ini merupakan acara yang dikemas dalam bentuk talk Show yang menghadirkan pembicara ternama dan sangat inspiratif dari berbagai sudut pandang. Indonesia adalah negara dengan sampah terbanyak. Sesuatu yang ada dalam jumlah banyak tentu  potensi yang menguntungkan bagi kita apabila hal tersebut dapat kita manfaatkan dengan baik, termasuk sampah.

jual properti
Foto : Program ITS untuk Indonesia Bersih Sampah – detiknewsid/m9

Ary Bachtiar Krishna Putra S.T., M.T., Ph.D selaku Ahli dan Pengembang Sistem Pengolahan Sampah menjadi Energi dan Dosen Departemen Teknik Mesin ITS mengatakan, selain sebagai pencemar utama, sampah juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup dikarenakan adanya bahan kimia yang terkandung didalamnya. Sampah sangat sulit untuk diuraikan, membutuhkan ratusan juta tahun lamanya untuk bisa terurai sempurna.

” Pemanfaatan sampah menjadi sumber energi menjadi solusi yang sempurna bagi keselamatan Indonesia selanjutnya. Dimana energi juga akan habis seiring berjalannya waktu, sedangkan sampah akan semakin menumpuk seiring berjalannya waktu apabila kita tidak mampu menanggulangi permasalahan tersebut,” tuturnya. Sabtu (23/11/2019)

Lanjut Ary, oleh karenanya Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan FTSLK ITS tergerak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami kondisi bumi yang terpenuhi sampah plastik ini dengan mengadakan Surabaya Environmental Talkshow, Environation 2019 dengan tema “Waste to Energy”

” Tentunya pada tema kali ini, membahas secara tuntas mengenai bagaimana penanganan yang tepat terhadap penanggulangan permasalahan sampah dengan mengolahnya menjadi energi terbarukan yang tentunya sangat dibutuhkan Indonesia kedepannya,” ungkapnya.

Acara ini diperuntukan untuk mahasiswa dan masyarakat umum di Surabaya dan sekitarnya. Hanya dengan tiket masuk sebesar Presale 1 Rp 60 ribu dan Presale 2 Rp 65 ribu, peserta akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan juga akan mendapatkan sertifikat serta seminar kit. Dengan ini, kami mengajak para mahasiswa dan masyarakat luas untuk melindungi bumi dengan cara mengurangi penggunaan plastik.

Foto : Mahasiswa yang mengikuti talk show – detiknewsid/m9

Environation merupakan event berbasis keprofesian teknik lingkungan terbesar di Jawa Timur persembahan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan FTSLK ITS. Environation 2019 memiliki 3 sub-event yaitu Uji Emisi pada tanggal 03 Mei 2019, Lomba lnovasi Teknologi Lingkungan yang telah terselenggara pada 05-06 Oktober 2019, dan Surabaya Environmental Talk Show.

Nara sumber yang dihadirkan, Dr. Ir Novrizal Tahar, IPM selaku Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian, Lingkungan Hidup dan Kesehatan (KLHK), Andrian Feby Misna, ST., MT selaku Direktur Bio Energi Kementrian ESDM, Ricky Elson selaku pencipta dan pelopor Bangun Rancang Mobil Listrik Nasional, Ir. Antonius R.T. Artono, MBA selaku Nasional Executive Vice President HSSE PLN Pusat dan Ary Bachtiar Krishna Putra S.T., M.T., Ph.D selaku Ahli dan Pengembang Sistem Pengolahan Sampah menjadi Energi dan Dosen Departemen Teknik Mesin ITS dan Yasmin Oktavia (Miss Marine Tourism Indonesia 2019) sebagai moderator. (M9)

Komentar

Berita Terkait