oleh

Program Empowering Literacy, Pendidikan Sukses Bersama Rotary Club Surabaya Darmo

Detiknews.id Surabaya – SMAN 1 Surabaya berlokasi di Jalan Raya Ketabang Genteng Surabaya. Rotary Club of Surabaya Darmo (RCSD) menggelar Closing Ceremony Global Grand Rotary #178502 bertajuk “Empowering Literacy from Liberary” dengan mengagendakan bedah buku karya siswa dan guru terpilih dan lomba debat bahasa inggris antar siswa SMA di SMAN 1 kota Surabaya.

Foto : Pejabat Utama Rotary Club Surabaya Darmo – detiknewsid/m9

Total peserta hari ini 6 siswa dikali 12 sekolah yang mengikuti debat sejak kemarin. Yang sekarang ini, sebelumnya sudah tahap eliminasi. Hari ini babak ke 8, perempat final, semi final, dan final. Yang masuk final, SMA petra 2, lalu SMA 1 Sidoarjo.

Menurut Ketua Anak Rotary Club of Surabaya Darmo, Enny Ambarsari mengatakan, penutupan global grant literacy rotary empowerment rotaract adalah pekan lomba debat yang diikuti 23 peserta dari SMA se-Jawa Timur

“Jadi kita punya dua project, yang pertama projectnya nomor 175802 untuk 10 SMA di Jawa Timur (9 SMA di Surabaya dan 1 SMA di Gresik). Kalau lomba SMP yang kemarin kita batasi 10 sekolah juga. Disitu dibantu sama rotaract Taiwan dan Korea,” tuturnya. Senin (05/08/2019).

Menurut Enny, sedikit berbeda stylenya, di lomba SMP kemarin banyak ambil sekolah swasta. Kalau disini sekolahnya relatif bagus. Dari mulai SMAN 1, 2, 5, 10, 11, 14, 17, 20, SMK 12 di Surabaya, dan satu SMA di Gresik. Kualifikasinya di atas rata-rata. Karena mereka berani didepan publik, bisa debat pasti suka baca relatif anak-anak yang cukup baguslah di sekolah itu.

” Mengenai project ini konsepnya panjang, take off dimulai sejak tanggal 30 bulan Juli 2018, dan memulai pelatihan pada bulan Agustus 2018. Rutin tiap sekali se bulan berkunjung ke 10 sekolah. Kita memberikan pelatihan yang ganti-ganti. Hari ini bulan ini pelatihan menulis bulan berikutnya debat, dan seterusnya. Dimana tiap sekolah diwakili enam (6) siswa untuk melakukan pelatihan-dilatih, dan dua guru, ” ungkapnya.

Foto : Salah satu peserta Empowering Literacy From Library – detiknewsid/m9

Harapannya, ilmu bisa ditularkan ke guru untuk siswa berikutnya. Karena SMA cuman 3 tahun menempuh pendidikannya, mereka sudah lulus sekolah. Menghasilkan anak muda yang punya kualifikasi bagus dan kita bisa meninggalkan legacy bagus dunia pendidikan di kota Surabaya provinsi Jawa Timur pada umumnya.

Dalam  lomba debat kali ini, sudah saya terangkan beberapa kali dimanapun, bahwa kegiatan ini untuk melatih keterampilan  dimana anak punya soft skill yang bagus di struktur bidang Literasi dan Steering Committee Rotary Club District 03420 Indonesia. (M9)

Komentar

Berita Terkait