Prajurit TNI Yonif MR 411/Pdw Kostrad Ajarkan Siswa-Siswi Perbatasan Berkebun

Detiknews.id – Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) menggelar “outing class” dengan tema berkebun bagi siswa-siswi yang ada di perbatasan RI-PNG, tepatnya di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kir-elly, Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Papua.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Minggu (1/12/2019) menuturkan bahwa dalam rangka membangun kedekatan antara TNI, guru dan siswa-siswi melalui kegiatan belajar yang ceria dan menyenangkan, pada hari Sabtu 30 November 2019 Danpos Bupul 13 Letda Inf Yusri Khoirudin bersama 4 orang anggotanya mengadakan kegiatan outing class, dengan tema berkebun yang meliputi cara menanam sayuran dan panen buah di Kebun Pos Bupul 13.

Baca Juga
TNI Ratakan Hotel Roa-Roa Palu

Lebih lanjut dikatakan bahwa metode pembelajaran seperti ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di SD Inpres Bupul 13, dengan harapan dapat bersikap bijak dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kulturalnya. “Setiap hari belajar di dalam ruang kelas dinilai sudah biasa, maka tidak ada salahnya kita memberikan sesuatu yang beda pada proses edukasi positif yang patut dicoba,” ucapnya.

“Dalam outing class ini anak-anak diajarkan langsung oleh personel Pos Bupul 13 cara menanam sayur sekaligus cara merawatnya, selain itu dikenalkan juga macam-macam sayuran. Kemudian anak-anak diajak untuk memanen sayuran dan buah Semangka yang ada di Kebun Pos Bupul 13,” ujar Mayor Inf Rizky Aditya alumni Akmil tahun 2003.

Baca Juga
Prajurit TNI Yonif 754 Bacakan Dongeng Untuk Anak-Anak Papua

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan di kebun milik Pos Bupul 13 ini bertujuan memberikan pelajaran kepada siswa secara langsung tentang berkebun. “Mulanya, di dalam kelas mendengarkan penjelasan dan arahan dari Letda Inf Yusri Khoirudin selaku Danpos Bupul 13, kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menanam dan memetik hasil kebun,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13 Ibu Ona Bernandus, S. Pd.K, menyampaikan sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad dalam hal ini Pos Bupul 13 telah menggelar kegiatan outing class yang sangat bagus dan mendidik siswa-siswinya. “Ini adalah yang pertama dan sangat bagus, terimakasih Bapak-bapak TNI penjaga tapal batas” ucapnya.

Baca Juga
245 Prajurit TNI Amankan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu

Di tempat terpisah, Danpos Bupul 13 Letda Inf Yusri Khoirudin yang merupakan alumni Akmil tahun 2018 mengatakan bahwa kami (satgas) melaksanakan kegiatan ini untuk mengenalkan cara belajar yang menyenangkan dan ceria. Harapannya, setelah kegiatan ini anak-anak akan mengetahui cara berkebun dan manfaat dari mengkonsumsi sayuran sebagai asupan gizi yang sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait