oleh

Outbound Edukatif Satgas Pamtas 643, Bentuk Generasi Muda yang Berkarakter

Detiknews.id – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis (Yonmek) 643/Wanara Sakti menggelar kegiatan Outbond yang diikuti siswa-siswi SMA 1 Sajingan Besar dan SDN 03 Sajingan. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman SDN 3 Sajingan Besar, Dusun Sajingan, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Sabtu (21/9/19).

Dalam hal ini Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto di Sanggau mengatakan, bahwa kegiatan Outbond tersebut dilaksanakan oleh Pos Koki SSK 2 Sajingan dengan permainan edukatif yang bertujuan mengasah kerjasama, melatih kepemimpinan serta mengajarkan kepada anak-anak untuk memecahkan persoalan maupun permasalahan secara kerjasama antar rekan. Juga untuk membentuk generasi muda yang berkarakter, disiplin serta cinta tanah air.

“Outbound merupakan kegiatan yang dilakukan di alam terbuka yang dapat memacu semangat belajar bagi para siswa. Selain itu juga, bermanfaat bagi pengembangan motivasi dan peningkatan prestasi.

Lebih lanjut Dansatgas menyampaikan, dengan terselenggaranya kegiatan Outbond tersebut diharapkan tidak hanya semata-mata untuk bermain saja, akan tetapi banyak makna yang terkandung dalam permainan tersebut, agar siswa dalam kegiatan sehari-hari dan berorganisasi harus mempunyai rasa tanggung jawab. “Segala sesuatu akan terlaksana dengan baik apabila adanya kerjasama dan koordinasi serta komunikasi,” harapnya.

Kegiatan Outbound yang diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosialisasi dan simulasi tindakan pertama antisipasi bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan kepada siswa-siswi pramuka siaga, penggalang dan penegak se-Kecamatan Sajingan Besar. Juga dalam rangka memperingati hari perdamaian nasional sedunia, di SDN 3 Sajingan Besar, yang dihadiri Dan SSK II beserta Danpos Gabma Sajingan dan anggota, perwakilan Polsek Sajingan Besar, Lembaga Veteran Indonesia Sajingan Besar, Kapuskesmas Sajingan Besar, Kepala Sekolah SDN 03 Sajingan.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait