MSA PTNBH Diikuti 11 Universitas Terkemuka Di Indonesia

Detiknews.id – MSA PTNBH (Majelis Senat Akademik Perguruan Tinggi Badan Hukum) menyelenggarakan sidang Paripurna selama 2 hari (29/10/2018) dan (30/10/2018). Gelar acara berada di Hotel Bumi Surabaya jalan Raya Basuki Rahmad Surabaya.

Hasil sidang Paripurna, berisi tentang diskusi panel tentang metode pembelajaran bagi mahasiswa generasi milenial dengan pembicara Prof. Pauline Pannen (Staf ahli Menristekdikti), Prof. Tarkus Suganda (UNPAD), Dr. Tjut Rifameutia (UI) dan Prof Ir. Priyo Suprobo, MS., Ph.D pengajar Teknik SipilĀ  ITS.

“Kesimpulannya, Kebijakan tiga pilar Tri Dharma perguruan tinggi perlu diselaraskan dengan revolusi industri 4.0, kemelekan teknologi digital, dan kemanusiaan, dengan karakter mahasiswa dari generasi Z yang berbeda dari generasi sebelumnya, perkuliahan perlu menggunakan learning management system dengan tetap memperhatikan keterbatasan mahasiswa, ” Prof Ir. Priyo Suprobo, MS., Ph.D.

Perguruan tinggi perlu mendesain proses pembelajaran sehingga menarik bagi mahasiswa dengan tetap memperhatikan etika sosial dan konsekuensinya, serta mengembangkan tiga ketrampilan bagi mahasiswa yaitu learning and innovation skill, information-media-technology skill, dan life and career skill.

MSA PTNBH telah merumuskan program kerja periode 2018-2019 yang akan dilaksanakan melalui tiga komisi, yaitu Komisi Akademik dan IPTEKS, Komisi Kelembagaan, Infrastruktur, dan Anggaran, dan Komisi Sumber Daya, Pengembangan, dan Kerjasama. Beberapa topik penting yang menj adi fokus dalam program kerja adalah,

Solusi permasalahan otonomi PTNBH sebagai alternatif dari prakarsa pengusulan Rencana Peraturan Pemerintah tentang PTNBH, Kelinieran bidang ilmu dan kepangkatan profesor, Integritas akademik, Pengabdian kepada masyarakat secara terpadu dengan KKN (kuliah kerja nyata).

Pencapaian status WCU (world-class university) oleh PTNBH. Diikuti 11 universitas terkemuka di Indonesia, Implementasi rekognisi pembelajaran lampau untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat. (M9)

Komentar

Berita Terkait