oleh

Kendala Siswa Daring, Babinsa Kodim 1402/Polmas Bantu Anak Anak Belajar Diluar Sekolah

POLMAN, Detiknews.id – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aktifitas belajar mengajar sekolah diliburkan. Sebagai solusi, proses belajar mengajar dilakukan secara online, namun pelaksanaannya muncul berbagai keluhan di masyarakat terutama masalah jaringan internet yang tidak sepenuhnya bisa dijangkau oleh orang tua murid.

Menyikapi kendala tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 1402/Polmas mengambil peran dalam membantu proses belajar mengajar di wilayah binaan terutama kepada siswa yang tidak memiliki alat komunikasi yang menjadi syarat utama proses belajar mengajar dalam jaringan (Daring).

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1402-02/Wonomulyo Sertu Saad, S.H., membantu proses belajar mengajar siswa di wilayah binaan dengan metode dalam jaringan di Desa Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Kab. Polman pada Rabu (22/7/2020).

Dikatakan Babinsa bahwa proses belajar mengajar dalam jaringan yang dilakukan saat ini masih sebatas mengirimkan tugas melalui whatsaap (WA) kemudian hasil pengerjaan tugas anak-anak kembali dikirim dalam bentuk foto kepada gurunya masing-masing.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

“Proses belajar dalam jaringan masih dalam batas mengirimkan tugas, belum masuk kepada belajar dalam jaringan dimana guru dan murid bertemu di ruang maya,” jelas Babinsa.

Melihat kondisi tersebut diakui Babinsa, dirinya membantu anak-anak di wilayah binaan agar tetap bisa mengikuti pelajaran dengan mengerjakan tugas yang dikirimkan oleh gurunya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letnan Kolonel Arhanud Hari Purnomo, S.Hub.Int., M.Han, yang ditemui di kantornya membenarkan hal tersebut. Bahwa yang dilakukan oleh anggotanya dalam membantu proses belajar mengajar, terutama anak-anak yang tidak dapat mengikuti pelajaran secara online karena keterbatasan sarana.

“Seperti itulah sejatinya tugas Babinsa, selaku aparat kewilayahan tentunya harus jeli melihat kondisi masyarakat di wilayah binaan, bantu atasi kesulitan yang dialami masyarakat di wilayah,” Jelas Dandim.

Ia juga menekankan kepada Babinsa jajaran Kodim 1402/Polmas, agar melalukan hal tersebut untuk membantu warganya terutama anak-anak yang membutuhkan pendampingan dalam proses belajar mengajar, dalam pelaksanaannya harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mengindari penyebaran Covid-19, tandasnya. (Zik)

Komentar

Berita Terkait