Jelang Lebaran Topat, Tempat Wisata di Lombok Barat di Tutup

Detiknews.id,- Menjelang perayaan Lebaran Topat di Lombok Barat (Lobar), sejak pagi tadi Sabtu (30/5/2020) jajaran Dinas Pariwisata bersama tim lintas OPD yang dipimpin oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid melakukan monitoring di sejumlah kawasan wisata. Hal itu dilakukan untuk mengecek efektivitas Surat Edaran Bersama yang ditandatangani Bupati bersama Kapolres Lobar dan Kapolresta Mataram terkait pembatasan perayaan Lebaran Topat di tempat wisata beberapa waktu lalu.

“Kita membagi empat kawasan pemantauan. Kawasan Narmada-Lingsar, Batulayar-Gunung Sari, Kediri-Kuripan-Labuapi, dan Gerung-Lembar-Sekotong. Ada empat tim yang seluruhnya dipimpin oleh Bupati, Sekda, Asda 2, dan Asda 1. Kita turun untuk memantau efektivitas kebijakan penutupan tempat wisata. Alhamdulillah pihak Kecamatan dan pemerintah desa, dengan didukung penuh oleh TNI-POLRI telah menjalankan kebijakan tersebut. Lebih syukur lagi masyarakat kita sadar bahwa kebijakan itu untuk mereka. Ini  sudah kita sosialisasikan sejak H-5 Lebaran,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Lobar, H. Saepul Akhkam.

Baca Juga
Sekjen NTB Watch, Soroti Pilkades Lombok Barat NTB

Akhkam menambahkan, dari hasil pantauan tim hari ini, tempat-tempat wisata tampak sepi. Selanjutnya, dirinya berharap masyarakat dapat memaklumi himbauan tersebut untuk menghindari kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19 saat ini dan esok hari (Ahad, 31/5/2020) sebagai hari puncak akan tetap konsekwen untuk tidak mendatangi tempat wisata.

“Hasil pantauan kita, hampir semua tempat wisata yang biasa menjadi destinasi telah ditutup dan secara umum dipatuhi oleh masyarakat. Walaupun ada saja satu dua orang yang ingin berwisata masih kita temukan, namun kita himbau untuk pulang dan mereka mendukung,” kata Akhkam sambil berharap kedepannya tradisi kumpul keluarga saat berlebaran ketupat tempat wisata bisa dilakukan kembali saat situasi sudah normal.

“Jadi untuk lebaran topat tahun ini, kita di rumah saja,” tegasnya.

Dalam kesempatan memantau di Taman Narmada, Akhkam sempat mendampingi Kapolresta Mataram AKBP Guntur Herditrianto dan Dandim 1606 Lombok Barat Kolonel (Inf) Efrijon Kroll. Taman yang bisanya penuh sesak pengunjung di hari-hari pasca lebaran terpantau sepi dan dalam kondisi ditutup.

Baca Juga
Kebun Bunga Satgas Yonif 411 Kostrad Jadi Alternatif Wisata Warga Merauke

“Kita mohon untuk bisa dibantu rekayasa lalu lintas oleh Polri, terutama di jalan-jalan yang menjadi akses utama, seperti di Narmada atau di Suranadi untuk membatasi kunjungan ke Sesaot,” pinta Akhkam kepada kedua unsur Forkopimda itu.

Sementara itu di tempat terpisah, Camat Batulayar Syahrudin mengaku pemerintah desa dan masyarakat Batulayar mendukung penuh kebijakan yang diambil pemerintah. Tempat-tempat wisata yang ada di wilayahnya sudah melakukan penutupan sejak jauh hari.

“Untuk masyarakat khusus di wilayah kami ini patuh, apalagi didukung dengan persepsi yang sama dengan para pemerintah desa. Apa yang menjadi himbauan itu kami komitmen, walaupun masyarakat ingin tapi di Lebaran Topat ini kita tidak bolehkan untuk dibuka dulu,” katanya.

Pemerintah bersama TNI-Polri juga melakukan upaya rekaya lalu lintas dan mendirikan pos pemeriksaan di pintu masuk kawasan Senggigi. Seperti yang terlihat sejak pagi tadi, para personil TNI-Polri bersama personil Dinas Perhubungan dan Pol-PP Lobar melakukan pemeriksaan. Sedikitnya ada 153 personil polisi yang dikerahkan mengamankan kawasan wisata di Lobar.

Baca Juga
Alur Tano Ponggol Dilebarkan dan Diperdalam Kementerian PUPR, Kapal Wisata Bisa Keliling Pulau Samosir

“Tanggal 26 dan 27 kemarin kita uji coba untuk menutup akses jalan warga dari luar yang mau masuk daerah wisata itu kita suruh balik kanan, karena sesuai edaran bupati dan gubernur kita tutup. Namun di sini kita lakukan seleksi prioritas. Bagi warga Meninting yang bawa KTP, kita kasi masuk, warga luar yang bekerja di sini kita kasi masuk, namun warga luar yang mau berekreasi ke pantai kita tolak,” terang Kabag Ops Polres Lobar Kompol I Wayan Suteja.

“Kegiatan tetap kita laksanakan sampai besok dengan mmberikan himbauan untuk warga tidak melakukan Lebaran Topat di tempat wisata, ” lanjutnya.

Komentar

Berita Terkait