GST DC Lions Club International District 307-B2 Indonesia Tanam 1000 Pohon, Lestarikan Ekosistem Hutan

Detiknews.id Mojokerto – Lions Club International Distrik 307-B2 Indonesia Wilayah 4,5,6 menanam 1000 Pohon. Bekerjasama dengan Perhutani Perwakilan Pemerintah Kab. Mojokerto, Tokoh Agama dan Padepokan Wihara Buddhayana Mojokerto, Pimpinan Bhante NayaSila Thera. Kegiatan berada di Hutan Lindung, Pacet, Wet Sendi 3, Gunung Lorokan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.

Project Officer (PO), yang juga Ketua Daerah IVB, Ella menyampaikan, kegiatan ini adalah salah satu program dari Distrik Internasional environment. Salah satu yang sedang digalakkan oleh Global Services Team District Cordinator (GST DC).

“Kami melakukan kegiatan menanam 1000 pohon. Karena, hutan berperan penting dalam kehidupan di planet bumi. Namun, belakangan ini perusakan hutan terjadi dengan skala yang lebih besar dan juga lebih cepat,” tuturnya. Sabtu (09/12/2023)

Lions Club International Distrik 307 B2 Indonesia Wilayah 4,5,6 menanam 1000 Pohon / M9

Darmanto Anam Mulyaman, koordinator kegiatan menerangkan, untuk membantu Global Services Team District Cordinator yang membawahi empat wilayah. Sekarang menjadi ada tiga wilayah, yaitu wilayah 4, wilayah 5, dan wilayah 6.

“Jadi kegiatan kami itu bukan hanya delapan fokus, tapi tahun ini kami memfokuskan pada sektor lingkungan hidup, yang harus kita jaga. Marilah kita bersama-sama merenungi kondisi bumi kita yang semakin rusak. Penanaman pohon menjadi langkah nyata untuk menjaga lingkungan hidup kita. Mari kita berperan aktif dalam upaya pelestarian alam,” terangnya.

Global Services Team District Cordinator, Lions Club International District 307 B2 Indonesia, Maria K Andriana memaparkan, pengrusakan hutan memiliki dampak serius terhadap lingkungan. Kerusakan hutan dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, dan bahkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Selain itu, hutan juga berperan penting dalam menyimpan karbon, dan deforestasi dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca. Data menunjukkan bahwa pengrusakan hutan telah menyebabkan kerugian ekologis yang signifikan di seluruh dunia,” paparnya.

Menurutnya, mengurangi pemakaian plastik dan melakukan penghijauan berdampak positif dan sangat penting bagi lingkungan dan kehidupan kita. Pengurangan pemakaian plastik membantu mengurangi polusi plastik di darat dan di lautan, melindungi keanekaragaman hayati, serta meminimalkan risiko kesehatan manusia yang terkait dengan zat kimia berbahaya dalam plastik.

“Selain itu, gerakan penghijauan dengan menanam pohon, bermanfaat besar. Pohon menyimpan karbon, menghasilkan oksigen, memperbaiki kualitas udara, dan menciptakan ekosistem yang seimbang. Selain itu, penghijauan juga dapat membantu mencegah erosi tanah, mengurangi suhu udara, serta memberikan tempat tinggal bagi berbagai makhluk hidup,” ungkapnya.

Lions Club International Distrik 307 B2 Indonesia Wilayah 4,5,6 melakukan tindakan ini merupakan langkah penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan kelangsungan hidup generasi mendatang. (M9)

Komentar

Berita Terkait