oleh

Pengurus Provinsi Persambi Kepulauan Bangka Belitung Terbentuk

Print This News

Pangkalpinang,Detiknews.id — Saat ini beragam cabang olahraga muncul di tengah masyarakat Indonesia, begitu pula dengan cabang olahraga bela diri jenis Sambo terbilang masih baru di tengah-tengah masyarakat.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Tak lama lagi cabang olahraga asal negara Rusia ini (Sambo) pun bakal hadir di kalangan masyarakat Bangka Belitung (Babel).

Oleh karena itu, saat ini baru terbentuk kepengurusan cabang olahraga Sambo di Babel atau disebut Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Provinsi Babel.

Pembentukan Pengprov Persambi Babel ini setelah sebelumnya melalui rapat musyawarah/mufakat para pecinta olahraga bela diri Sambo hingga mempercayai Magrizan sebagai ketua Persambi Babel.

Sesuai berdasarkan hasil rapat musyawarah yang berlangsung, Minggu (8/3/2020) bertempat di salah satu Cafe Kota Pangkalpinang, dalam jajaran struktur kepengurusan selaku sekretaris Persambi Babel yakni Rikky Fermana

Magrizan mengatakan jika olahraga bela diri Sambo ini merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia yang populer pada tahun 1940-an.

“Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia yang artinya pertahanan diri tanpa senjata.  Saat ini Sambo digunakan untuk seni bela diri militer tentara Rusia,” ujar Magrizan, Senin (10/3/2020) di Pangkalpinang.

Sambo menggabungkan gulat dan judo dengan menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo pun dalam mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat.

“Hal ini sering dilakukan dengan mengambil lawan ke tanah dan menerapkan penyerahan terus atau serangan cepat,” terangnya.

Mengutip dari situs konisalatiga.or.id disebutkan jika cabang olahraga Sambo sebelumnya sempat diadakan di Indonesia yakni dalam perhelatan akbar Asian Games 2018 lalu.

Sambo dipopulerkan oleh Vasily Oshchepkov yang lahir pada 6 Januari 1893 di Alexandrovsky Post. Vasily Oshchepkov pernah dikirim ke Seminari Ortodoks Tokyo Jepang setelah orang tuanya pada tahun 1907.

Bahkan Sambo sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2007 lalu.Tokoh pendiri Sambo di Indonesia adalah Ir. Aji Kusmantri dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI). Sambo pertama kali diperkenalkan di lingkungan Universitas Trisakti pada tahun 2008. Bersama Gerard Lim (Singapore Sambo), perlahan olahraga Sambo mulai dikenal di kalangan Perkumpulan Judo Universitas Trisakti.

Sambo telah memiliki induk organisasi resmi yaitu Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB PERSAMBI). Beberapa atlet telah berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia  dalam turnamen taraf  Dunia.

Ini susunan kepengurusan Persambi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ;
Ketua : Magrizan, S.Si.,Apt
Wakil Ketua : Ahmad Fadillah, S.Pd
Sekretaris : Rikky Fermana, S.Ip
Bendahara : Muhammad Rizki, SH
Bidang Humas : Ryan Augusta Prakasa, S.Sos ,Pembinaan Prestasi dan Pelatihan : Kurniawan. (rey/rf)

Info KPU Karo

Komentar

Berita Terkait