oleh

Mekaki Marathon 2018 Sukses Digelar

Detiknews.id,– Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) kembali sukses menggelar event lari nasional Mekaki Marathon.

Tahun ini, Pemkab Lobar bekerjasama dengan ArchiSS sebagai Event Management dan DnD sebagai Race Management serta menggandeng BliBli.com selaku sponsor utama.

Pelaksanaan BliBLi Mekaki Marathon 2018 yang diseleggarakan bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda ini diikuti sejumlah artis ternama tanah air seperti Wulan Guritno, Adila Dimitri, Ben Joshua, Fajar “Alexa”, dan pelatih lari nasional Agung Gantar.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Mekaki Marathon tahun ini hanya melombakan kategori 10K dan 5K saja. Walaupun begitu, antusias para peserta ternyata tidak berkurang. Sesuai target yang diharapkan, sekitar 1.500 pelari mengikuti kegiatan ini. Tidak ingin ketinggalan, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid ikut sebagai peserta. Mereka juga mengajak serta istri dan anak menikmati keindahan Mekaki.

“Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak baik itu gubernur, Kapolda, Danrem, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga atas supportnya terhadap pelaksanaan BliBli Mekaki Marathon 2018 yang kedua kalinya ini. Insya Allah tahun-tahun berikutnya kita akan terus melaksanakan even semacam ini dan tentunya evan-even yang lainnya,” ungkap Bupati H. Fauzan Khalid sebelum peserta dilepas, Minggu (28/10).

Fauzan menambahkan, kegiatan Mekaki Marathon kali ini merupakan ajang promosi sekaligus sebagi bukti kebangkitan pariwisata Lombok dan NTB.

“Insya Allah mengambil momentum Lombok Bangkit – NTB Bangkit pasca gempa bumi kami optimis industri pariwisata di Lombok Barat khusunya dan NTB secara umum akan lebih bergeliat lagi dan bahkan lebih maju lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah sangat mengapresiasi kegiatan Mekaki Marathon ini. Gubernur  mengatakan dirinya mendukung penuh upaya Pemkab Lobar untuk memajukan potensi wisata yang ada di wilayah Sekotong ini. Gubernur juga berpesan kepada peserta untuk memanfaatkan momen selama lomba.

“Selamat menikmati larinya, selamat menikmati pemandangannya dan jangan lupa juga selamat menikmati foto-foto bersama tamu-tamu kita. Apagunanya dapat hadiah besar dapat juara satu tapi tidak sempat foto sama mbak Wulan Guritno misalnya. Jadi walaupun gak bisa juara yang penting bisa foto-foto itu adalah sesuatu yang menyenangkan buat kita semua,” katanya disambut riuh peserta.

Di event Mekaki Marathon ini para peserta memperoleh cukup banyak kejutan. Beberapa langkah setelah start para peserta langsung dihadapkan dengan tanjakan yang cukup tinggi. Seluruh pelari di titik km 1.2 melalui jalur dengan pemandangan kehijauan pepohonan dan pantai dari kejauhan. Di titik km 2.5 (untuk 5K) atau km 7.7 (untuk 10K) para pelari melalui Bukit Pandang. Lokasi ini terkenal dengan pemandangan pantai yang lebih jelas terlihat dari kejauhan serta bebukitan yang sangat “intagrammable”. Tidak sedikit para pelari berhenti sejenak untuk selfie di lokasi ini. Selain pemandangan yang indah, para pelari (untuk 10K) juga kampung adat Bali di Desa Pelangan.

Para peserta kategori 10K memulai start pada pukul 06.30 Wita. Pelepasan dilakukan Gubernur NTB didampingi Bupati Lobar. Selanjutnya para peserta kategori 5K dilepas lima belas menit kemudian. Peserta kategori 5K dilepas Heru Nasrudin dari BliBli.com selaku sponsor utama.

Untuk melepas lelah usai lomba, peserta dihibur dengan penampilm band raggae Amtenar dan band indie lainnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan medali juara.

Kategori 10K pria dimenangi oleh Ridwan disusul Suwandi dan Fathul Wardi. Sedangkan untuk wanita, yang pertama mencapai finish untuk 10K adalah Dian Ekayanti diikuti Ferly Marince dan Dewi Suhendri di belakangnya. Untuk kategori 10K para juara pertama meraih hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000.000, juara kedua senilai Rp. 5.000.000 dan juara ketiga sebesar Rp. 3.000.000.

Untuk 5K pria, peserta dengan nomor dada 12 keluar sebagai juara pertama. Sementara Lamek Yunias dan Yadin di peringkat kedua dan ketiga. Sedangkan peringat pertama di kategori wanita diraih oleh Vera Fevrianti diikuti Mahdalena Sari dan Laila Evi. Para pemenang berhak menerima hadiah uang tunai Rp. 5.000.000 untuk juara pertama, Rp. 3.000.000 untuk juara kedua dan Rp. 1.500.000 untuk juara ketiga. (hms)

Komentar

Berita Terkait