Sebaiknya kamu juga tidak mengabaikan efek samping kurang tidur

Detiknews.id – Punya banyak kegiatan padat sehari-hari karena kamu ingin memiliki hidup sukses dan mapan memang dibutuhkan pengorbanan, salah satu hal yang sering dikorbankan banyak orang adalah waktu tidur.

Begadang menjadi suatu hal yang biasa, dan tidur yang kurang seperti sudah lumrah. Tapi sebaiknya kamu juga tidak mengabaikan efek samping kurang tidur. Ini yang akan dialami tubuh jika kurang tidur.

1. Risiko kanker meningkat
Kurang tidur bisa menurunkan imun tubuh dan membuat tubuh mudah terserang penyakit, termasuk kanker. Penelitian menemukan bahwa kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

2. Merusak mood
Kurang tidur membuat tubuh kurang istirahat yang mana nantinya akan membuat emosi tak stabil. Tubuh yang lelah dan dipaksakan untuk beraktivitas, akibatnya adalah rusaknya suasana hati, mudah tersinggung dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk ini bahkan bisa memicu depresi.

3. Mudah Lupa
Karena sel-sel otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan untuk meregenerasi sel-sel otak dan mengembalikan otak ke kondisi segar, maka ketika menjalankan aktivitas, kamu jadi sering lupa. Penelitian menemukan bahwa tidur penting bagi optimalnya proses menyimpan dan mengolah informasi dalam otak.

Jadi, jangan heran jika saat kamu kurang tidur, tidak tidur 7-8 jam per malam, maka kamu akan jadi orang yang mudah sakit dan dengan mood menyebalkan.

Komentar

Berita Terkait