oleh

Waspada XBIT !! Miliaran Rupiah Raib Warga Surabaya Lapor Polda Jatim

Detiknews.id Surabaya – Beberapa korban penipuan investasi bodong Aplikasi XBIT, memberikan data sejumlah 42 orang yang tergabung dalam Aplikasi XBIT. Total senilai Rp. 1 Miliar lebih, deposit milik nasabah, fee dan bonus yang dijanjikan raib. Member yang dirugikan warga Surabaya dan Sidoarjo. Mereka mengadukan kepada Unit 4 Subdit 5 Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Terkait perkara dugaan adanya tindak pidana penipuan investasi bodong. Korban merasa dirugikan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim.


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Pengakuan korban bernama Ido menuturkan, kerugian saya dan keluarga senilai Rp. 350 Juta. Kejadian bermula 14 Februari 2021 saya mulai deposit pada aplikasi XBIT yang dikenal melalui teman dan akhirnya menjadi grup WhatsApp dan Telegram.

“Di dalam grup tersebut memuat keuntungan bahwa perusahaan XBiotek Inc beralamat di Austin USA. Kemudian kami percaya dan melakukan registrasi melakukan deposit pada aplikasi tersebut senilai Rp. 130 Juta awalnya, saya dan istri. Kemudian saldo kami tambah menjadi Rp. 262 Juta 900 Ribu,” tuturnya.

Masih dengan Ido, setelah transfer, karena saya ingin hasil lebih banyak. Saya biarkan uang dan fee mengendap, dengan harapan bisa bertambah. Setiap hari selalu saya cek saldo dan fee selalu bertambah.

“Suatu saat berjalan hingga bulan berikutnya, saya percaya tidak saya lihat. Ternyata, saya kaget uang saya di rekening hilang bersama fee-nya. Sampai saat ini tidak bisa mengambil keuntungan yang telah dijanjikan,” ungkapnya. Jum’at petang (23/04/2021)

Korban XBIT berharap uang kembali, melaporkan ke Siber Polda Jatim / M9

Korban bersama 3 teman lainnya yang ikut menjadi korban dari penipuan tersebut, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim. Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim sudah mengantongi beberapa nama bersama data lengkap siapapun yang menjadi admin maupun rekening tempat korban mengirim uangnya di Aplikasi XBIT.

Korban Eka menambahkan, saya diajak teman. Bermula kalau deposit dengan menekan 14 kali menekan dapat fee perharinya. Saya deposit tanggal 23 Maret dan tanggal 25 Maret uangnya hilang.

“XBit menjanjikan kalo tanggal 5 April akan muncul XTPay sebagai bonus diluar fee. Ternyata semua nasabah satupun ga ada yang keluar bonusnya,” jelasnya.

Lanjut Eka, Paket yang dijual XBIT antara lain : Paket 1 – 100 ribu (fee 10 ribu / hari), paket 2 – 480 ribu (fee 50 ribu/ hari) , paket 3 – 5 juta (fee 500 ribu/ hari), paket 4 -10 juta (fee 1 juta/ hari), paket 5 – 125 juta (fee 12,5 juta/ hari).

“Hampir di semua daerah sudah ada pelaporan penipuan ini. Si pelaku ini, membuka banyak aplikasi dengan rekening yang sama. Di Jawa Timur ini baru komunitas kami melaporkan, total¬† ada 60 member. Tapi ada sejumlah 42 nasabah di komunitas kami melaporkan yang datanya lengkap hari ini,” terangnya

Ditempat yang sama, Kasubdit Siber Polda Jatim AKBP Wildan Albert mengatakan, kami pada hari Jumat tanggal 23 April 2021 jam 16. 00 WIB. Kami menerima laporan dari para korban penipuan investasi bodong.

“Selanjutnya, kami akan melakukan penyelidikan. Untuk korban yang lain, yang belum lapor segera lapor,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait