oleh

Tim Gabungan BNNP Bangka Belitung Gagalkan Peredaran 2 Kg Shabu

Pangkalpinang,Detiknews.id — Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BNNP) melaksanakan Konfrensi Pers terkait pengungkapan tindak pidana narkotika,bertempat di lobi Kantor BNNP Kepulauan Bangka Belitung  jalan Pulau Lepar Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang,Kamis (23/07/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto sedang membacakan pers rilis

Hadir dalam kegiatan tersebut,Kepala BNNP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta jajarannya, Kepala Bea dan cukai Pangkalbalam, Direktur Narkotika Polda Babel, Jajaran ,Kepala Lapas Narkoba ,Polairud Polda Kepulauan  Bangka Belitung dan awak media.

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto,menjelaskan Kegiatan pengungkapan tindak pidana narkotika berawal pada hari jum’at 17 Juli 2020 sekira pukul 14.00 WIB Tim Dakjar BNNP mendapat informasi akan ada pengiriman Narkotika jenis shabu Ke pulau Bangka dari Kepulauan Riau (Dabo Singkep) mengunakan kapal motor (speed Tempel) melalui jalur laut,”Terangnya.

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto bersama para undangan

Setelah mendapat informasi Tim Dakjar BNNP berkoordinasi dengan Tim Gabungan Bea Cukai,Polda Kepulauan Bangka Belitung,dan Polairud untuk melakukan penyelidikan terhadap target operasi yang akan tiba di Pulau Bangka pada hari sabtu 18 juli 2020,”Ungkap Nanang Hadiyanto.

Tim Gabungan yang terdiri dari BNNP Kep.Babel, Bea dan Cukai Pangkalbalam, Polda Kep Babel dan Polairud menerima laporan bahwa kurir pengirim telah sampai di pulau Lalang dan akan
menyeberang ke Pulau Bangka,”Ujar Nanang Hadiyanto.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Sekitar pukul 04.00 WIB,Tim menerima kabar bahwa kurir beralih tempat berlabuh ke Teluk Limau Pantai Siangau Bangka Barat,atas informasi ini Tim di bawah pimpinan Kabid Pemberantasan BNNP Kepulauan Bangka Belitung menyebar ke beberapa titik.

Brigjen Pol Nanang Hadiyanto mengungkapkan,”Bahwa Tim Gabungan dan Polairud sekira pukul 06.20 WIB memantau dan serta patroli keliling areal pantai Siangau  berhasil menjumpai speed yang diduga serta ditumpangi Kurir pengirim dan dilakukan upaya pengejaran terhadap kurir hingga berhasil mengamankan seorang laki – laki  berinisial ” BS” (38) warga Tanjungpinang Timur,”Jelasnya.

Barang bukti yang di amankan

Dari hasil pengeledahan terhadap “BS” didapati dua (2) bungkus besar plastik kemasan teh china warna kuning yang berisi kristal putih diduga Narkotika jenis shabu dengan berat 2 kg yang di simpan di dalam tas rangsel warna biro dongker, 1 unit Hp Samsung J3 warna gold,dan uang pecahan Rp 50.000,- sebanyak 16 lembar atau senilai Rp 800.000,-,”Tegas Brigjen Pol Nanang Hadiyanto.

Brigjen Pol Nanang Hadiyanto selaku Kepala BNNP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengatakan,” Modus Operandi yang dilakukanBS  menyewa speed untuk membawa Narkotika menggunakan jalur perairan dari Pulau Lalang menuju Pulau Bangka tepatnya di Teluk Limau,barang bukti Narkotika diambil di pulau Lalang yang sebelumnya ditanam di gundukan pasir di dalam tong oleh sesorang yang tidak diketahui orang serta indentitasnya.

Selanjutnya tersangka meringkuk di sel tahanan BNNP Kep. Bangka Belitung untuk proses hukum lebih lanjut. Ancaman Pidana Primair  : Pasal 114 Ayat (2), Jo Pasal 114 Ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Subsidair : Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 144 Ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika Tersangka terancam Hukuman maksimal 20 tahun Penjara paling singkat 6 tahun penjara.(yoza).

Komentar

Berita Terkait