oleh

Polres Tanjung Perak Berhasil Tangkap Spesialis Curanmor

Detiknews.id Surabaya – Polres Pelabuhan Tanjung Perak kali ini manangkap Komplotan bandit spesialis Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang berjumlah lima orang ini, tiga di antaranya diberi tindakan tegas terukur oleh petugas akibat melawan. Salah satu diantara mereka adalah Residivis.

Tiga bandit yang tembak bernama M Zainul Abidin (30), Setya Adji Saka (23) dan Zainul Abidin (29). Ketiganya warga Surabaya. Sementara dua pelaku lainnya masing-masing bernama Amir (26) dan Rizal Khoiron Zani (27), warga Bangkalan Madura.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum mengatakan, jaringan spesialis Curanmor ini sudah lama menjadi target operasi bagi kami. Masyarakat sangat resah akan ulah mereka. Satreskrim Polres Perak sangat sigap dalam menangkap komplotan ini. Dengan mengidentifikasi, segera bergerak cepat menangkap satu persatu komplotan ini.

” Otak jaringan Spesialis Curanmor adalah tersangka M Zainul Abidin. Mereka kerap beraksi di jam dini hari. Sekitar pukul 01.00 hingga 03.00 Wib. Namun, terkadang juga beraksi di pagi hari. Dari hasil pemeriksaan, penyidikan, komplotan ini sudah beraksi sebanyak 21 kali. Namun kami yakin masih banyak lagi TKP lainnya yang pernah menjadi korban dari komplotan ini. Karena mereka mengaku sudah terjun menjadi pencuri motor dari tahun 2014,” tuturnya. Senin (13/01/2020)

Masih dengan Ganis, kronologi kejadian bermula saat ada keluhan dari masyarakat yang melapor ke Polsek Asemrowo. Kemudian kita back up penuh untuk mengungkapnya.

” Alhamdulillah, tidak butuh waktu lama, para pelakunya berhasil kita amankan. Awalnya kita tangkap si penadahnya, lalu kita kembangkan. Hasilnya ini, pelaku-pelaku utamanya kita tangkap. Masih ada 4 tersangka lagi yang dinyatakan masih buron (DPO),” pungkasnya.

Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara. (M9)

Komentar

Berita Terkait