oleh

Pelaku Modus “Ganjel ATM” Berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok

Detiknews.id – Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang dipimp[in Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Eko Hadi Santoso, SIK melalui Kasat Reskrim AKP M Faruk Rozi, SIk, MSi bersama Kanit III Krimsus Iptu Falva Yoga P, SIk, MSi berhasil meringkus pelaku tindak pidana dengan modus Card Trapping atau Ganjel ATM , Minggu, (04/11/2018).


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Kasat Reskrim AKP M Faruk Rozi, SIk, MSi mengatakan kepada awak media, Senin (05/11/2018) modus pelaku dengan mengelabui korban mengambil ATM dan menukar ATM korban dengan milik pelaku hingga uang di ATM Korban terkuras, dan pelaku melakukan aksinya di 3 (tiga) lokasi mesin ATM diantaranya Mesin ATM Indomaret Jl. Muara karang raya penjaringan jakarta utara, Mesin ATM Indomaret Jl. Bandengan terusan penjaringan jakarta utara dan Mesin ATM alfamart jalan taska kelapa gading, ungkapnya.

Lanjut AKP M Faruk Rozi, 2 orang pelaku diantaranya berinisial WS (35) berperan mengelabui korban dan melihat PIN ATM Korban, dan I (47) yang berperan membuat kartu ATM untuk demontrasi dan mengawasi situasi dari dalam mobil. Untuk lokasi penangkapan Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok berhasil meringkus kedua pelaku di Bauheni Lampung Selatan, tambah Kasat Reskrim. Pelaku sempat melakukan perlawanan dan akhirnya terhadap pelaku diberikan tindakan tegas terukur karena melawan petugas, pungkasnya.

Lanjutnya, kejadian berawal saat pelapor dan saksi hendak melakukan pengambilan uang di mesin ATM, selanjutnya saksi memasukkan kartu ATM ke dalam mesin akan tetapi tidak bisa melakukan transaksi penarikan uang tunai dan kartu ATM tidak bisa keluar dari mesin tersebut. Setelah itu saksi menghubungi call centere HAllo BCA untuk memblokir rekening tersebut, namun diketahui berdasarkan keterangan dari operator call centre Halo BCA bahwa saldo yang berada di rekening korban telah terkuras sebesar Rp 27.800.000,- pungkasnya.

Untuk barang buykti yang berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok berupa 1 buah amplas AA 60, 1 buah amplas AA 240, 2 kotak korek api, cctv tkp, 1 buah HP OPPO A3S, 1 buah HP MERK STRAWBERRY, 22 buah kartu ATM dengan berbagai jenis bank, 1 buah dompet panjang warna hitam, 1 buah gergaji besi pendek, 2 buah KTP AN TSK, berbagai jenis pakain dan celana yg digunakan pelaku di TKP dan 1 mobil Honda Jazz Rs Merah guna penyelidikan lebih lanjut.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 ayat (1) Kuhpidana pencurian dengan pemberatan “Diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun: Ke-4 pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu.”

(DM/MB-BP)

Mungkin Anda Suka

Komentar