oleh

ZI WBK menuju WBBM, BKKBN Jatim untuk Integritas Akuntabilitas dan Pelayanan Publik

Print This News

Detiknews.id Surabaya – Akselerasi pembangunan ZI-WBK menuju WBBM, BKKBN Jatim pertahankan integritas, akuntabilitas dan pelayanan publik. Pada bulan November 2019, unit kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mendapatkan predikat ZI-WBK sebagai wujud komitmen jajaran pimpinan dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Predikat ZI – WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi)

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Semangat BKKBN Jatim, untuk terus mempertahankan integritas dan akuntabilitas, berkinerja lebih efektif dan efesien, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan PermenPANRB No 60 Th. 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di Lingkungan K/L dan Pemerintah Daerah, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) adalah Sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang mempunyai syarat indikator hasil WBBM dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menyampaikan bahwa Tahun ini (th 2020) merupakan tahun yang cukup berat bagi kami untuk mengelola program Bangga Kencana di Jawa Timur.

“Karena sejak Februari sampai dengan saat ini masih dihadapkan pada Pandemi Covid-19. Meskipun demikian, kami tidak patah semangat. Selain kita harus mempertahankan prestasi yang telah kami raih, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus bahu-membahu bersama mitra kerja terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayan kepada masyarakat Jawa Timur,” jelasnya.

Lanjut Teguh, berbagai program terobosan/inovasi yang kami lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Bangga Kencana kepada masyarakat Jawa Timur, antara lain:

Bidang Pelayanan KSPK
www.siapbahagia.com, Bidang Pelayanan KB-KR, Wisata KB, Pelayanan Cegah Putus Pakai KB, Bidang Pelayanan Penduk, POPinfo Jatim, Bidang  Pelayanan ADPIN, SIAP KB CoC, Ngoper Kanan, Bidang Pelayanan Pelatihan dan Pengembangan, Studio e-Learning, Sekolah e-RB, Bidang Pelayanan Kesekertaritan/Dukungan manajemen, Presensi Online, SIAWAS, SIJAKA dan SUPALA.

“Tanpa mengecilkan inovasi lainnya, siapbahagia.com dan Wisata KB merupakan inovasi yang kami andalkan. Karena langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di era New Normal”, tegas Teguh. Selasa (17/11/2020)

Dari terobosoan yang kami lakukan tersebut, telah menunjukkan hasil yang signifikan, antara lain: Berdasarkan data SR bulan September 2020, CPR T 65,24 R 75,74 CPR MKJP T 24,79 persen R 28,69 persen (bahkan selama momentum WCD agustus-september, realisasi capain target MKJP sebesar 120 persen) DO KB T 26, 82 persen R11, 98 persen. Jumlah Keluarga yang menjangkau pelayanan informasi dan Konseling melalui layanan siapbahagia.com sebanyak 6.824 keluarga.

Kepuasan terhadap pelayanan Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, selama pandemi 95 persen menyatakan bahwa Pelayanan yang diberikan Perw BKKBN Jatim 95 persen Istimewa (sumber: Aplikasi SIPALA). Juara I Tingkat Nasional ADPIN AWARD Kategori Lini Lapangan.

Semangat BKKBN, mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh yaitu ZI-WBK, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik yaitu ZI-WBBM. Selain itu mewakil Mitra Kerja, yaitu Pengelola RSUD Sogaten-Madiun, Media, Koalisi Kependudukan dan IBI. (M9)

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait