oleh

Warga Penyintas Petambua Dapat Layanan Kesehatan

Detiknews.id, SULSEL – Warga penyintas Petambua Desa Radda Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan 13 Juli 2020 lalu menjadi korban banjir bandang, dan memaksa sebagian besar warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Beberapa bulan pasca bencana, sebagian warga yang rumahnya masih layak huni memilih kembali ke kampung halamannya.

Atas warga Petambua yang telah kembali itu, Puskesmas Baebunta Kabupaten Luwu Utara memberikan pelayanan kesehatan.

Bertempat di rumah salah seorang warga, Petugas kesehatan melaksanakan pelayanan Posbindu PTM sekaligus pelayanan Puskesmas Keliling, Sabtu 6 Maret 2021.

Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, kepada awak media ini mengatakan pelaksanaan Pos Bina Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan salah satu program yang dilaksanakan puskesmas untuk mendeteksi secara dini kejadian penyakit tidak menular di masyarakat.

“Kepada warga penyintas bencana di Petambua ini, kami berikan pelayanan kesehatan berupa deteksi dini penyakit tidak menular, dan diberikan pengobatan sesuai keluhan dan faktor resiko yang ditemukan,” terang Hairul Muslimin.

Dalam pelayanan kesehatan di bekas lokasi banjir bandang ini, menurut penjelasan Kapus Baebunta, ditemukan beberapa warga yang menderita hipertensi, kolesterol dan asam urat tinggi dan diberikan pengobatan secara gratis.

Tak ketinggalan warga lanjut usia juga ikut mendapatkan pelayanan kesehatan pada kesempatan itu.

“Ada 8 orang lansia juga ikut diperiksa kesehatannya. Mereka kelompok yang berisiko menderita penyakit PTM karena faktor perubahan fisik, dan gangguan metabolisme tubuh.” terang Rul panggilan akrabnya.

Di samping pelayanan kepada kelompok orang dewasa dan lansia, Tim Puskesmas Baebunta juga melakukan pelayanan imunisasi kepada balita.

“Sweeping balita sasaran imunisasi juga dilakukan di Petambua ini, biar cakupan imunisasi dasar lengkap meningkat dan balita itu mendapatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi penyakit.” ungkap Kapus Baebunta.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu, selain dihadiri Kepala Puskesmas dan Petugas Puskesmas, juga dihadiri Bidan Desa Radda, Kader Posyandu dan warga Petambua. (yustus)

Komentar

Berita Terkait