oleh

Antisipasi Penularan Covid 19, Sulbar Kini Punya Mobil Laboratorium Tes Keliling

Sulawesi Barat, Mamuju, DetikNews.id – Mengantisipasi meluasnya penularan virus corona, Sulawesi Barat (Sulbar) kini punya mobil laboratorium untuk pemeriksaan swab. Mobil itu milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Barat yang dimodifikasi sebagai laboratorium keliling.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi, mengatakan mobil laboratorium itu akan difungsikan dalam waktu dekat.

“Kemarin sudah dilakukan pelatihan bagi tenaga operasionalnya, jadi dalam waktu dekat ini akan segera difungsikan,” kata Safaruddin, Senin (5/10).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, dr Muhammad Ikhwan, menambahkan mobil tersebut dapat melakukan pemeriksaan swab sampai 48 orang. Hanya saja, kata dia, mobil tersebut tidak bisa menjangkau wilayah pelosok dan melewati jalanan yang berlubang.

“Mobil tidak bisa terlalu laju, melewati jalan yang berlubang dan terlalu goyang. Itu dipakai pada waktu-waktu tertentu, seperti akan melakukan pengujian swab massal,” ujar Ikhwan.

“Tetapi kalau hanya satu atau dua orang, kita sarankan melakukan pemeriksaan swab di rumah sakit karena alatnya mahal,” tandasnya. (GP)

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait