Vegan Festival Disambut Ratusan Pecinta Kuliner, Pola Hidup Sehat Berbasis Nabati Hadir di Surabaya 

Vegan Festival

Detiknews.id Surabaya – Vegan Festival sangat dinantikan oleh pecinta kuliner vegetarian. Pasalnya, ini salah satu pola makan sehat berbasis nabati yang baik untuk diet. Dengan tema “Around The World”. Event ini digelar mulai 25-28 Januari 2024. Berada di Exhibition Hall Grand City, Surabaya.

Vegan Festival menghadirkan narasumber yang kompeten / M9

Vegan Festival merupakan sebuah event berskala nasional yang bertujuan untuk mensosialisasikan pola hidup sehat berbasis nabati (Vegan) dan gerakan ramah lingkungan untuk mengurangi efek global warming dan climate change. Vegan ini juga menjadi tren dikalangan pelajar.

Handoko Alim selaku Pembina IV Jawa Timur di konferensi pers pembukaan Vegan Festival menyampaikan, Secara perlahan banyak masyarakat yang telah beralih menjadi seorang Vegan dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman serta menggunakan produk yang berasal dari hewani.

“Dengan menjadi seorang Vegan, kita telah ikut serta dalam menyelamatkan dunia dari kelaparan, mengurangi dampak kerusakan lingkungan, efek global warming dan menjaga kesehatan kita,” terangnya.

Menurutnya, dalam The United Nations perdagangan daging merupakan salah satu dari dua atau tiga faktor utama dalam kontribusi masalah lingkungan yang serius dalam segala jangkauan baik secara lokal maupun global.

“Hal tersebut karena limbah dari industri peternakan bisa mencemari lapisan tanah dan air dengan kelebihan unsur hara, zat kimia perindustrian, obat-obatan hewan, antibiotik, logam, dan berbagai mikroorganisme seperti bakteri, virus dan parasit,” jelasnya.

Vegan Festival menghadirkan kuliner berbasis nabati / M9

Sektor peternakan juga merupakan faktor utama penyebab penggundulan hutan tropis untuk lahan merumput ternak, penyebab erosi daratan dunia, dan penyebab meluasnya pembentukan gurun pasir. Keadaan ini diperburuk lagi dengan kenyataan 70 persen air dunia digunakan untuk konsumsi ternak dan aktivitas pencucian di rumah jagal,” terang Handoko.

Baca Juga
IFBC 2022 Digelar AFI Bangkitkan Ekonomi Nasional, Hadirkan Ratusan Merek Bisnis Kuliner

Handoko menjelaskan, pola makan hewani atau konsumsi daging dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa timbulnya penyakit- penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, kanker, diabetes melitus, obesitas, osteoporosis, sangat berkaitan erat dengan pola konsumsi pangan hewani yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

“Melihat fenomena tersebut diatas, kami sadar bahwa perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya pola hidup sehat berbasis nabati (Vegan) dan gerakan ramah lingkungan untuk mengurangi efek global warming dan climate change. Oleh karena itu, kami membentuk sebuah event yang bernama Vegan Festival,” ungkapnya.

American Dietic Association (ADA) menyimpulkan bahwa diet vegetarian dan vegan jauh lebih sehat dibanding diet yang masih mengkonsumsi daging.

“Vegetarian mempunyai index massa tubuh, kolesterol darah, dan tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu, resiko kematian akibat penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker prostat dan usus pada vegetarian jauh lebih rendah dibanding mereka yang mengkonsumsi daging,” jelasnya.

Direktur Utama Grand City, Gito Sugiarto, menambahkan, event ini merupakan event nasional yang telah masuk dalam program tahunan pemerintah. Event ini juga telah mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

“Event Vegan Festival menyambung kesuksesan dari HELVI EXPO yang sudah berlangsung selama 8 tahun. Maka tahun 2024, kami segenap pengurus Indonesia Vegetarian Society (IVS) bersama dengan Vegan Society of Indonesia (VSI) dan juga PT. Hardaya Widya Graha (selaku penyelenggara) kembali menyelenggarakan Vegan Festival yang ke 12 kalinya,” tegas Gito.

Baca Juga
Promosi Kuliner dan Budaya Indonesia Pada Thurston Food and Music Festival di Suva, Fiji

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Vegan Festival, Lewis Kosahsih menuturkan, kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai tenant mitra IVS dan juga terbuka untuk masyarakat umum. Vegan Festival kali ini kami dengan tema “Around The World”. Karena sekarang Pola Hidup Vegan telah dikenal di seluruh dunia.

“Banyak Masyarakat dan para pelaku Vegan yang telah merasakan manfaat dari menjalani pola hidup Vegan. Harapannya, dengan event Vegan Festival ini kami bisa mengenalkan lagi tentang Pola Hidup Vegan dengan lebih luas lagi,” tutur Lewis Kosahsih.

Lewis mengatakan, di tahun 2022 lalu, Vegan Festival berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia- Indonesia (MURI) sebagai “The Biggest Vegan Festival in the World” dan juga mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) sebagai “Penyelenggara dan Pemrakarsa Rekor Vegan Festival Terbesar di Dunia”.

“Kabar baiknya, kami juga mendapat dukungan penuh dalam pelaksanaan acara ini oleh Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A (Sandiaga Uno) selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan juga Bapak Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si selaku Ketua Umum DPP ISSITA. Kami juga didukung oleh para pihak termasuk seluruh Sponsorship kami,” tetang Lewis.

Lewis juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Sponsorship. Dan di tahun ini, sebagai sponsor utama kami, Vegan Festival bersama dengan Enervon-C akan bersama-sama menyukseskan acara ini.

“Nama Vegan Festival tahun ini adalah Vegan Festival bersama Enervon-C. Selain itu pada tahun 2024 ini kami juga didukung oleh Bank Saqu sebagai Official Bank dari Vegan Festival 2024,” ucapnya.

Baca Juga
Camat Sepatan Akan Bangun Wisata Kuliner di Kayu Bongkok

Vegan Festival juga diisi, Bazaar Produk dan Makanan Vegan. Juga diisi dengan Workshop & Talk Show oleh : Dr. Drs. Susianto, MKM (President World Vegan Organization & Vegan Society of Indonesia), Dessy Ruhati, M.M.Par (Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf), Prof. Dr. Seto Mulyadi, M.Si., Psikolog (Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia), Alden Daze (Wakil Ketua World Vegan Organization Indonesia), dr. Sylvia Irawati, M. Gizi (Dokter Ahli Gizi dan Feeding Therapist).

Selain itu, juga Demo memasak Vegan oleh Chef Wina (Top 9 Masterchef Indonesia season 10) dan Chef Huang Yu Ling (Specialist Vegan Chef).

Supporter lainnya, KAPHA Yoga oleh Caroline Ang & Partners (KAPHA Yoga Instructor Specialist) dan Pound Fit oleh Fitriya Rosana (Pound Fit Instructor Specialist), Lomba Mewarnai bersama Greebel, Lomba Tari Nusantara Terbuka se Jawa Timur, Vegan Cup 2024. Vicee 3×3 Basketball Competition supported by NextGen & EBS Radio yang akan diikuti oleh lebih dari 200 tim atau 800 orang dengan total hadiah lebih dari 60 juta.

Enervon-C Chess Competition supported by Cap Kapal Checkmate Championship yang akan diikuti oleh lebih dari 800 peserta dengan total hadiah lebih dari 40 juta. Doorprize & Grandprize 2 unit Motor, Veganpreneur Talkshow Session, Collaboration with Universitas Ciputra Entrepreneurship Center Medical Check Up bersama Klinik dan Laboratorium Pacar Surabaya.

Adapun yang menjadi target dari event ini adalah masyarakat umum, keluarga, remaja dan anak-anak dengan total pengunjung ± 30 ribu orang. (M9)

Komentar

Berita Terkait