Tiga Duta Budaya Terpilih di Miss Tionghoa Indonesia 2024

Miss Tionghoa Indonesia 2024

Detiknews.id Surabaya – Miss Tionghoa Indonesia 2024 sukses digelar pertama kalinya oleh Peraga Indonesia. Anugerah mahkota Miss Tionghoa Indonesia 2024, berada di Novotel Samator Surabaya, Minggu malam (15/09/2024).

Miss Tionghoa Indonesia 2024, dihadiri para pejabat dan stakeholder / M9

Tiga Duta Budaya bergelar Miss Tionghoa Indonesia 2024 terpilih sebagai pemenang juara pertama, dengan kategori berbeda. Yaitu: Naura Vanessa Sandia asal Bengkulu kategori anak-anak (@nssandiaa), Hitadewi Abhassara asal Jakarta kategori remaja (@hita.da), serta Lyona Vyoletta asal Surabaya kategori dewasa (@annanaxna).

Menghadirkan juri kompeten, antara lain: Darwis Triadi (fotografer profesional), (Ketua Program Studi Sastra China UK Petra), Lisa Gunawan (Model Senior), Natalia Tanudjaja (Direktur PT MNC Land Tbk, Fashion & Modeling Enthusiast), Suzana Chandra (District Governor Rotary D3420), Agoeng Soedir (Direktur Color Model Inc), dan Benny Gunawan (Influencer dan Enterpreneur).

Miss Tionghoa Indonesia 2024, menghadirkan juri yang kompeten dibidangnya / M9

Usai kegiatan, Roy E Mahieu, pendiri Peraga Indonesia juga Founder Miss Tionghoa Indonesia 2024, menyatakan, kompetisi Miss Tionghoa Indonesia adalah ajang beauty pageant yang secara khusus mewadahi komunitas Tionghoa di Indonesia.

“Kami membuat ini, semua peserta tak adu kecantikan fisik, tetapi yang tak kalah penting adalah ‘inner beauty’ yang disajikan dalam bentuk ketrampilan dan eksplorasi seni budaya lokal maupun akulturasi. Kami bersyukur ini ajang bergengsi, pertama kalinya diadakan mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat keturunan Tionghoa dari berbagai penjuru negeri ini,” jelasnya.

Lanjutnya, dari ratusan peserta yang terlebih dulu diseleksi di tingkat daerah, akhirnya terpilih 40 finalis yang berasal dari 16 provinsi di Indonesia.

“Mereka menjalani karantina selama tiga hari untuk mendapat pembekalan sebelum tampil di atas panggung,” bebernya.

Terkait pemilihan Surabaya sebagai ‘tuan rumah’ puncak kompetisi Miss Tionghoa, Roy mengatakan bahwa Surabaya juga peluang dan potensi untuk acara-acara berskala nasional.

“Selama ini acara-acara tingkat nasional selalu di Jakarta. Ini kesempatan untuk buktikan bahwa kegiatan nasional tak selalu identik dengan Jakarta,” tandasnya.

Ketiga pemenang juara pertama, dengan kategori berbeda mengaku, “Kami bahagia dan bangga tentunya. Untuk itu kami terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat, khususnya dari Bengkulu sehingga saya bisa mencapai prestasi ini,” kata Naura Vanessa Sandia, didampingi Hitadewi Abhassara dan Lyona Vyoletta.

Miss Tionghoa Indonesia 2024, berhasil memilih kontestan terbaik sebagai Duta Budaya. Dengan sponsor utama, UBS Gold, SPS Corporate, dan mobil Cherry dari PT Manang Sukses Abadi.

Adapun pemenang terbagi menjadi tiga kategori (Dewasa, Remaja dan Anak-anak).

Pemenang Dewasa, yaitu: 1. Lyona Vyoletta (Jawa Timur), 2. Lavenia Horas (Sulawesi Selatan) dan 3. Jacqueline Sharon Susilo (Jawa Timur).

Pemenang Remaja, yaitu: 1. Hitadewi Abhssara (Jakarta), 2. Shaelynn Chang (Banten) dan 3. Letisha Vienna Wahono (Jawa Tengah).

Pemenang Anak-Anak, yaitu: 1. Naura Vanesia Sandia (Bengkulu), 2. Ivena Queen Sharen Mekho (Sumatera Selatan) dan 3. Megan Suwandi (Jawa Timur). (M9)

Komentar

Berita Terkait