oleh

Sinergitas Polda Jatim dan BKP untuk Perlindungan Hukum Hewan dan Tumbuhan

Detiknews.id Surabaya – Dalam rangka membahas perlindungan hukum akan hewan dan tumbuhan. Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, bersama Pejabat Utama, dan Kabid humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Sambut baik kedatangan silaturahmi dari Balai Karantina Pertanian (BKP), di selasar gedung Tribrata Mapolda Jatim.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Dengan silaturahmi ini, pihak BKP yang melakukan pengawasan hewan dan tumbuhan di Jatim, menjalin sinergitas dengan kepolisian daerah Jawa Timur, dalam rangka penegakan hukum terkait dengan hewan dan tumbuhan yang di lindungi.

Selain itu, kepala BKP juga melakukan pengawasan hewan dan tumbuhan yang disinyalir dapat menyebarkan penyakit atau virus dari luar negeri, seperti kasus yang di alami di Amerika Latin, yang tanaman kelapa sawitnya rusak terserang penyakit, dan saat ini Indonesia merupakan negara nomor satu di dunia penghasil kelapa sawit.

“Kita mencegah bibit dari luar negeri apa lagi dari Amerika Latin, bisa habis kelapa sawit kita, ” ucap Musyaffak Fauzi, Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) saat melakukan silaturahmi dengan Wakapolda Jatim.

Oleh karena itu, tujuan silaturahmi ini diantaranya adalah untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara khususnya di Jawa Timur.

Terkait dengan sinegitas, Wakapolda Jatim sangat menyambut dengan baik, bahkan mengarah untuk sering melakukan pertemuan guna menjaga stabilitas dan keamanan terkait hewan dan tumbuhan.

“Silahkan melakukan secara berkala, sehingga kita dapat mengetahui perkembangan situasi atau undang-undang, sehingga antisipasinya bisa kita lakukan.” Jelas Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo. Rabu (23/09/2020)

Selain itu, jika ada temuan dilapangan bisa dilakukan koordinasi dan cepat untuk melakukan pengamanan, baik dari hewan, tumbuhan, atau pelaku pelanggaran undang-undang. (M9)

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait