Sinergitas Ditpolairud Polda Maluku dan Bea Cukai Patroli Pengawasan di Perairan

Detiknews.id Maluku – Dalam rangka sinergitas dalam meningkatkan pengawasan laut dan pengamanan wilayah perairan laut Maluku. Ditpolairud Polda Maluku dan Kanwil Bea Cuka Maluku menggelar operasi patroli laut bersama. Patroli laut gabungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Republik Indonesia.

Ditpolairud Polda Maluku dan Bea Cukai, Patroli Pengawasan di Perairan Maluku / M9

Tentang peningkatan sinergi, operasional, sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, didalam tukar data dan informasi yang dilaksanakan di Jakarta tanggal 24 Agustus 2020. Patroli gabungan tersebut dibuka dengan menggelar Apel Bersama yang dipimpin langsung oleh Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang. Kegiatan berada di Dermaga Mako Ditpolairud Polda Maluku.

Baca Juga
Satuan Brimob Polda Banten Laksanakan Patroli Sambang Rumah Warga

Patroli laut gabungan tersebut digelar dengan mengerahkan personil dari Ditpolairud Polda Maluku, Kanwil Bea Cukai Maluku, dan KPPBC Ambon dengan menggunakan kapal patroli KP Bima 7014 dan KP Tanjung Alang dari Ditpolairud Polda Maluku, BC 30007 dan BC 1511 dari Bea Cukai.

“Sinergi pengawasan laut ini diselenggarakan untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa kita sebagai Aparatur Negara bekerja bersama-sama dalam mengamankan kepentingan Negara,” kata Erwin Situmorang selaku Kakanwil Bea Cukai Maluku dalam amanatnya.

Lanjut Erwin, dengan melihat luasnya daerah pengawasan di laut kita sadar bahwa pelaksanaan penegakan hukum di laut menjadi sangat sulit jika dilakukan sendiri-sendiri.

“Oleh karenanya kita sebagai aparatur negara yang merupakan bagian dari aset negara berkoordinasi dan berkolaborasi sehingga pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada aparatur negara dapat kita lakukan secara efisien” tambahnya. Rabu (24/03/2021)

Baca Juga
Paket Ganja dan Miras di Arso Berhasil Diamankan Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH

Pada kesempatan tersebut, Tim Patroli mengawali pemeriksaan terhadap kapal kargo yang memuat kontainer di perairan Teluk Ambon sekaligus memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada Kru Kapal dengan membagikan masker.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Brigjen Pol H.M. Zainul Muttaqien, Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Maluku Polda Maluku Kombes Pol Harun Rosyid, Direktur Reserse Narkoba Polda Maluku Kombes Pol Cahyo Utomo, Kepala Kanwil Kemenkumham Andi Nurka, Kepala Basarnas Ambon Mustari, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ambon Saut Mulia. (M9)

Komentar

Berita Terkait