oleh

Sepakat! Pelajar dan Satpam Deklarasi Cinta Damai

Detiknews.id – Demo massa pelajar di gedung DPR/MPR yang banyak diwarnai aksi kericuhan beberapa waktu lalu disikapi Mendikbud Muhadjir Effendy dengan mengeluarkan Surat edaran Nomor 9 Tahun 2019 tertanggal 27 September 2019 tentang Pencegahan Keterlibatan Peserta Didik Dalam Aksi Unjuk Rasa Berpotensi Kekerasan. Surat tersebut ditujukan kepada kepala daerah dan kepala dinas pendidikan di seluruh Indonesia.

Fenomena demonstrasi akhir-akhir ini, yang bukan saja dilakukan oleh mahasiswa namun juga oleh pelajar membuat kekuatiran Aipda Teguh yang amat mendalam jika kaum pelajar yang mestinya fokus belajar di sekolah namun ia justru meninggalkan sekolah lalu “ikut-ikutan” berunjuk rasa di jalanan.

jual properti

Menyikapi hal tersebut, Aipda Teguh Yuliyanto selaku Bhabinkamtibmas Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat tersebut memprakarsai kegiatan pembinaan dan himbauan Kamtibmas serta Deklarasi yang dilakukan oleh Pelajar SMA Negeri 24 Jakarta, Satuan Pengamanan PT Kompas Gramedia, dan Satuan Pengamanan SGR gelora Bung Karno di tempatnya masing-masing, Senin, (07/10/2019).

Dijelaskan Aipda Teguh bahwa Pelajar hakikatnya adalah seorang yang ingin menuntut ilmu, bukan menciptakan hedonisme semata, jelasnya. Sikap peduli tersebut ditunjukkan Aipda Teguh untuk membangun moralitas generasi muda seperti pelajar yang juga memerlukan perhatian banyak pihak, ungkapnya kepada awak media.

“Setidaknya makna cinta damai dan sejarah kebudayaan bangsa Indonesia memiliki dasar cinta damai dan agama pun telah mengajarkan cinta damai agar kita bisa menyikapi keberagaman untuk dijadikan potensi membangun kualitas diri menjadi yang lebih baik dan untuk memperkuat kebersamaan,” jelas Aipda teguh dihadapan para pelajar SMA Negeri 24 Jakarta, Jl. Lapangan tembak no 1 Gelora Tanah Abang Jakarta Pusat.

Adapun isi deklarasi para pelajar tersebut diantaranya sebagai berikut;
1. Kami para Pelajar, tidak akan mudah terprovokasi dan mengikuti ajakan dari siapapun yang tidak jelas tujuannya
2. Kami para Pelajar, memahami dan meresapi janji siswa untuk selalu taat dan patuh kepada orang tua dan guru
3. Kami para Pelajar, khususnya yang ada di SMAN 24 hanya untuk Belajar dan Berprestasi

Di tempat terpisah, Aipda Teguh Yuliyanto selaku Bhabinkamtibmas Gelora juga melakukan pembinaan kepada warga binaannya, khususnya kepada jajaran Satuan Pengamanan (Satpam) PT Kompas Gramedia dan Satuan Pengamanan SGR Gelora Bung Karno sekaligus menekankan mental dan moral bagi para pelajar dan Satpam yang ada di wilayahnya untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Oleh karena itu dalam menciptakan rasa aman dan nyaman di dalam masyarakat merupakan tugas dan kewajiban semua pihak tak terkecuali dengan kelompok pelajar dan satuan pengamanan yang ada di Gelora Jakarta Pusat, jelas Aipda Teguh.

Karena keresahan yang dirasakan oleh Aipda Teguh dan untuk memacu bagaimana peran Satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, maka dikumandangkan Deklarasi oleh satuan pengamanan PT Kompas Gramedia dan Satuan Pengamanan SGR Gelora Bungkarno yang isinya sebagai berikut:

1. Akan Mendukung POLRI dan TNI dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban di lingkungan bekerja dan masyarakat
2. Tidak Akan Mudah Terprovokasi oleh Ajakan Untuk mengikuti Demonstrasi yang tidak Jelas Tujuannya
3. Kami Mendukung Demonstrasi yang Damai dan Bermartabat
4. Tugas kami Bekerja Untuk Menghidupi Keluarga.

Selesai menyampaikan deklarasi, Aipda Teguh berharap semua masyarakat dapat berakhlak baik, berperilaku santun, menghargai dan menghormati orang lain serta dalam menciptakan rasa aman dan nyaman di dalam masyarakat merupakan tugas dan kewajiban semua pihak, tuturnya.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait