Sedekah Bumi Kenang Jasa Buyut Canting, Warga Kedurus Junjung Tradisi dan Budaya

Detiknews.id Surabaya – Sedekah Bumi merupakan tradisi yang dilakukan pada awal bulan 1 Muharam atau Syura. Kegiatan ini digelar oleh Kelurahan Kedurus, diikuti mulai dari RW 01 hingga RW 09 terdiri dari 75 RT. Selain itu, Sedekah Bumi juga mengenang sesepuh Buyut Canting yang telah babat alas membangun wilayah Kedurus.

Sedekah Bumi di wilayah Kedurus diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain 500 pak Bubur Suro, Wayangan, Karnaval, Bazar dan Ludruk. Kegiatan berakhir di Lapangan Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya.

Lurah Kedurus didampingi Ketua LPMK, Danramil 0832/06 Karang Pilang dan Kapolsek Karang Pilang diwakili Kanit Reskrim Karang Pilang / M9

Dihadiri Lurah Kedurus Wisnu Purwowiyono S.Sos, Ketua LPMK Kelurahan Kedurus Indrawasih S.E, Danramil 0832/06 Karangpilang Mayor Arh Ahmad Fahrudin, dan Kapolsek Karang Pilang diwakili Kanit Reskrim Polsek Karang Pilang Iptu Gogot.

Lurah Kedurus Wisnu Purwowiyono S.Sos mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir dan ikut menyemarakan kegiatan Sedekah Bumi di wilayah Kedurus.

“Dengan kegiatan yang kami selenggarakan ini, semoga warga Kedurus Guyub Rukun Agawe Sentosa (Kebersamaan Membuat Kuat Sentosa),” terangnya.

Lanjutnya, Sedekah Bumi yang di adakan di Wilayah Kedurus diisi berbagai kegiatan. Kemarin ada Bubur Suro, Wayangan juga memperingati Hari Raya Islam 1 Muharram 1445 H. Juga menghormati Mbah Buyut Canting yang telah membangun wilayah ini. Hari ini ada Karnaval, Bazar dan nanti malam ada kesenian Ludruk.

“Harapannya, masyarakat di wilayah Kedurus ini bisa terhibur. Saling guyub rukun dan semakin solid. Kedurus Yes.. Kedurus Yes.. Kedurus Yes..,” ungkapnya. Sabtu (22/07/2023)

Sedekah Bumi yang dihasilkan dari warga Kedurus dan untuk warga Kedurus / M9

Ditempat yang sama, Danramil 0832/06 Karangpilang Mayor Arh Ahmad Fahrudin menyampaikan, saya sangat terharu dengan semua masyarakat yang hadir untuk mengenang sesepuh di wilayah ini.

“Sedekah Bumi ini menandakan bahwa, semua yang hadir disini cinta terhadap tradisi dan budaya. Kita sebagai generasi penerus bangsa selalu ingat akan jasa para pahlawan, seperti Buyut Canting yang telah membangun wilayah Kedurus,” tuturnya.

Dilanjutkan oleh Kapolsek Karang Pilang melalui Kanit Reskrim Polsek Karang Pilang Iptu Gogot menyampaikan, saya pribadi apresiasi yang digelar masyarakat Kedurus.

“Semua warga hadir berkumpul disini antusias sekali untuk memperingati Sedekah Bumi, menghormati Buyut Canting yang menorehkan sejarah, tradisi dan budaya. Pesan Kapolsek, dengan kegiatan ini semoga lancar dan aman, jangan terjadi gesekan atau masalah antar warga,” jelasnya.

Masyarakat antusias berburu Sedekah Bumi /M9

Usai acara, Ketua LPMK Kelurahan Kedurus Indrawasih S.E didampingi Ketua Panitia Edy mengucapkan, terimakasih atas suksesnya kegiatan ini. Banyak kegiatan yang di hadirkan untuk menghibur masyarakat, antara lain 500 Bubur Suro dibagikan gratis, Wayangan, Karnaval, Bazar dan Ludruk.

“Tujuannya diadakan kegiatan ini, menjunjung tinggi tradisi dan budaya. Selain itu, untuk mempersatukan semua warga Kedurus. Semua elemen masyarakat bisa menghormati leluhur kita. Untuk mengingat jasa para Pahlawan, seperti Mbah Buyut Canting yang telah membangun wilayah Kedurus,” paparnya.

“Harapannya, semua masyarakat Kedurus dan Kota Surabaya khususnya bisa menjunjung tradisi dan budaya. Kearifan lokal tradisi dan budaya ini bisa menjadi contoh wilayah lain. Jangan sampai punah dari Kota Surabaya,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait