Program Unggulan IIDI Surabaya Sosialisasi Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Detiknews.id Surabaya – Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Surabaya menggelar Talk Show, mensosialisasikan program unggulan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ketua IIDI Dyan Asra Al Fauzi, ST, MT membuka kegiatan dengan menghadirkan nara sumber dr. Alfin Firasy Mufid, Sp.OG., M.Ked.Klin dan dr. Andra Agnez Al Aska, M.Biomed. Kegiatan berada di Pendopo Kelurahan Dukuh Pakis Jalan Dukuh Pakis I no.21, Surabaya.

Ketua IIDI Surabaya Dyan Asra Al Fauzi, ST, MT memberikan penghargaan kepada dr. Alfin Firasy Mufid, Sp.OG., M.Ked.Klin / M9

Hadir juga, Camat Dukuh Pakis, Lurah se-wilayah Kecamatan Dukuh Pakis, Danramil Karang Pilang, Tim penggerak PKK Kecamatan Dukuh Pakis, Ketua LPMK wilayah Kecamatan Dukuh Pakis, perwakilan warga di Kecamatan Dukuh Pakis, Pengurus dan Anggota IIDI Cabang Surabaya.

Ketua IIDI Dyan Asra Al Fauzi, ST, menuturkan, IIDI Cabang Surabaya melaksanakan program unggulan mensosialisasikan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program Unggulan adalah program yang dikembangkan secara berkesinambungan, dicanangkan oleh Pengurus Besar IIDI dan wajib dilaksanakan oleh seluruh cabang IIDI di Indonesia.

“Tujuan dengan melaksanakan program ini, untuk menekan atau menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun anak. Selain itu dengan mensosialisasikan dan menerapkan kepada masyarakat bagaimana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Agar tidak ada angka stunting yang terjadi pada anak-anak. Sehingga tercipta generasi penerus bangsa yang berkualitas,” tuturnya.

Masih dengan Dyan, dalam kegiatan ini kami juga memberikan bantuan berupa Penyerahan Susu dan Vitamin secara simbolis kepada Ibu Hamil di Kecamatan Dukuh Pakis dilanjutkan Talkshow dengan 2 narasumber serta pembagian leaflet PHBS dan Germas kepada seluruh peserta.

“Diharapkan dengan Kegiatan Sosialisasi dan Penerapan Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS) dan juga Germas ini dapat berpengaruh signifikan terhadap penurunan angka kematian anak dan ibu melahirkan, serta menekan angka stunting yang masih cukup menjadi perhatian kita bersama,” tuturnya.

Tiga point penting yang menjadi program unggulan, antara lain :

1. Menurunkan Angka Kematian Anak dan Ibu Melahirkan
2. Mensosialisasikan dan Menerapkan Lingkungan Bersih dan Sehat
3. Mensosialisasikan dan Menerapkan Gerakan Bersih dan Sehat

Perlu diketahui, kegiatan kali ini IIDI Cabang Surabaya bekerja sama dengan Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya dan didukung oleh RSIA Kendangsari, Kokola dan Entrasol.

Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi aktif IIDI Cabang Surabaya dalam membantu peran pemerintah menjamin kesehatan bagi masyarakat, dimana IIDI sebagai organisasi sosial yang bergerak dibidang kesehatan dalam upaya memberikan informasi dan edukasi pada masyarakat serta berperan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang bertaqwa, cerdas dan berkualitas. (M9)

Komentar

Berita Terkait