Program Serambi 2024, BI Jatim Siapkan Tukar Uang 23 Triliun

BI Jatim

Detiknews.id Surabaya – Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( KPw BI ) Provinsi Jawa Timur, meluncurkan Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024. Ini dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri.

Program Serambi 2024, secara seremonial dilepas berada di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. KPw BI Jatim menyiapkan Rp. 23,2 Triliun untuk masyarakat Jawa Timur menukar uang. Selasa (19/3/2024)

BI Jatim resmi membuka untuk menukar uang di Program Serambi 2024 / M9

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia ( KPwBI ) Provinsi Jawa Timur, Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan, bahwa kegiatan Serambi 2024 tersebut merupakan kegiatan Nasional yang serentak digelar pada tanggal 15 Maret 2024.

“Program Serambi 2024, ini serentak secara bersamaan di seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga
JCC 2023 dan Festival Peneleh, BI Jatim Dukung Komoditas Unggul Kualitas Ekspor serta Pariwisata 

Menurut Erwin, program Serambi 2024 adalah wujud komitmen Bank Indonesia sebagai Bank Central, untuk menyediakan uang rupiah dalam pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Timur.

“Program serambi Ini berdasarkan realisasi tahun 2023, meningkat sekitar 4 persen. Setelah berkoordinasi dengan perbankan di Jatim kami meyakini jumlah uang ini memadai dalam kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Program Serambi inisiasi Bank Indonesia sebagai wujud dalam kebutuhan di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024. Bank Indonesia telah menyediakan penukaran uang sebesar Rp 23,2 triliun untuk di distribusikan wilayah provinsi Jawa Timur.

Menurutnya, pelaksanaan penukaran uang bekerjasama dengan perbankan yang ada di sekitar 500 titik,dan juga melakukan penukaran terpadu dengan 10 bank yang ada di Grand City Mall.

Baca Juga
Parade Food Sambut Ramadhan Veneu Batik Monochrome ala Guest Hotel Darmo Surabaya

Tak hanya itu, menurut mantan Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin, dalam mendorong program mudik lebaran ini, Bank Indonesia Jawa Timur juga menyiapkan penukaran uang rupiah di beberapa titik–titik di Rest Area Tol, dan juga di sejumlah akses terminal Transportasi di wilayah Jawa Timur.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat, agar di saat melakukan penukaran uang sebaiknya ditukarkan pada titik – titik layanan dari Perbankan.

“Jangan melakukan penukaran pada oknum–oknum yang berada di pinggir jalan, sebab kita belum mengetahui keaslian dari uang tersebut,dan juga terkadang jumlahnya tidak sesuai dengan penukarannya,” ujar Erwin.

Ditambahkan oleh Erwin,untuk penukaran uang pecahan rupiah yang terbaru dari bank Indonesia menyediakan uang baru mulai dari pecahan Rp.50.000, Rp. 20.000, Rp.10.000, Rp 5.000, Rp. 2000, dan Rp.1000.

Baca Juga
BI Jatim Ciptakan Digital Payment di FEKDI, Solusi Transaksi Praktis dan Higienis

”Satu paket total pecahan uangnya Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah),” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait